Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selalu Pemanasan Sebelum Berolahraga

Kompas.com - 07/09/2010, 14:11 WIB

KOMPAS.com — Olahraga bermanfaat besar bagi kesehatan tubuh. Tetapi, jika kurang berhati-hati, olahraga malah bisa membuat kita cedera. Risiko cedera yang paling sering terjadi saat berolahraga adalah keseleo. Maka dari itu, perlu persiapan matang dan pemanasan sebelum berolahraga demi menghindari keseleo.

Dokter Marganda dari Rumah Sakit Omni Alam Sutra, Tangerang, mengatakan, ada dua hal yang perlu diperhatikan saat berolahraga. Pertama, persiapan fisik sebelum melakukan olahraga.

Persiapan itu bisa dengan melakukan pemanasan yang cukup. "Pemanasan sebelum berolahraga bertujuan untuk melemaskan otot-otot agar tidak terjadi kram," kata Marganda.

Selain menghindari kram, pelemasan otot juga bisa memudahkan serta melancarkan pergerakan tubuh. Asal Anda tahu, olahraga melibatkan pergerakan otot, sendi, dan tulang dalam intensitas besar. Dengan pemanasan sebelum berolahraga maka darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen akan mengalir ke otot sehingga otot siap bekerja berat.

Kedua, pergunakan peralatan pelindung saat berolahraga. Jenis alat pelindung yang digunakan bisa berbeda-beda, tergantung pada jenis olahraganya.

Saat bermain futsal, misalnya, Anda bisa mengenakan pelindung tulang kering. Pelindung yang terbuat dari bahan karet ini berguna untuk melindungi kaki dari cedera akibat benturan keras.

Marganda mengatakan, pemilihan perlengkapan olahraga juga harus tepat dan sesuai kebutuhan. Sebab, kalau tidak sesuai malah bisa juga menimbulkan cendera. "Jangan gunakan sepatu yang kebesaran atau kekecilan," tutur Marganda.

Jenis atau bentuk permainan olahraga juga ikut menentukan risiko cedera. Olahraga yang mengharuskan lebih banyak kontak fisik tentu lebih berisiko ketimbang olahraga lain yang tidak melibatkan kontak fisik.

Contohnya sepak bola. Permainan ini tergolong rentan terhadap risiko keseleo. Bagian tubuh yang berisiko mengalami keseleo mulai dari bagian pergelangan kaki, kaki bagian bawah, hingga lutut, terutama bagian pergelangan dan medial collateral ligament (semacam pengikat sendi tulang).

Meski demikian, apa pun jenis olahraganya tetap berpotensi menimbulkan cedera. "Untuk menghindari cedera, sebaiknya Anda tetap bermain aman saat berolahraga," ujar Marganda.

Bila mengalami cedera, langkah pertama yang harus dilakukan adalah berhenti bermain. Kalau tetap melanjutkan permainan, cedera bisa semakin parah.

Khusus untuk keseleo, setelah beristirahat harus langsung dikompres dengan es. Itu penting untuk menghindari pendarahan. Jika belum membaik juga, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter. (Kontan/Sofyan Nur Hidayat)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com