Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampil Muda dengan Senyuman

Kompas.com - 16/09/2010, 16:17 WIB

Kompas.com - Sebenarnya tak perlu rumus panjang untuk tampil awet muda. Cukup dengan meluangkan waktu untuk memperhatikan kebersihan dan kesehatan gigi. Tidak percaya?

Hal ini diamini Erlene Rosowsky, PsyD, asisten profesor klinis bidang psikologi di Harvard Medical School. Saat kita merawat tubuh, rasa percaya diri akan turut meningkatkan status sehat kita.

Khusus mengenai senyuman dan awet muda, Lauren Solomon, penulis buku Image Matter! First Steps on the Journey to Your Best Self, mengatakan adanya keterkaitan antara senyum yang “kusam” dengan penuaan. Seiring berjalannya umur, email gigi kita juga mengalami penuaan yang akan membuat gigi menjadi lebih gelap.

Sedangkan dengan memiliki senyum putih, secara otomatis bisa menunjukkan bahwa kita mempunyai kesehatan yang baik plus terlihat muda. Trik anti-penuaan yang cepat dan bisa kita lakukan pertama adalah dengan memangkas kebiasaan yang bisa mengotori gigi, seperti meminum kopi dan anggur merah, serta menghentikan kebiasaan merokok terlebih dahulu.

Untuk memperbaiki kerusakan dan mengembalikan kembali senyum yang putih, kita bisa meminta bantuan dokter gigi untuk melakukan perawataan dan pemutihan gigi. Supaya hasilnya bisa optimal dan tahan lama, kita juga harus tetap melakukan perawatan gigi sendiri secara rutin di rumah.

Mulai dari menyikat gigi dua kali sehari (sesudah sarapan dan sebelum tidur) dan melakukan flossing satu kali sehari. Tidak hanya akan menyempurnakan perawatan gigi, langkah ini juga akan melindungi gigi dari paparan noda, mengurangi risiko penyakit periodontal yang penyebab utama penanggalan gigi. So, Let’s brighten our smile today! (PreventionIndoensiaonline/Astrid Anastasia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com