Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 100 Miliar untuk Ganti Ternak Warga

Kompas.com - 05/11/2010, 13:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Suswono meminta peternak yang tinggal di sekitar Merapi memprioritaskan keselamatan mereka, dan meninggalkan hewan ternak mereka. Jika memungkinkan, mereka diminta menjual hewan ternak.

"Pemerintah menyiapkan uang Rp 100 miliar untuk mengganti hewan ternak yang menjadi korban Merapi," kata Suswono kepada para wartawan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (5/11/2010).

Selain itu, "Kementerian Pertanian akan memprioritaskan program-program bantuan perbibitan sapi pada proses pemulihan. Kita prioritaskan mereka yang sapinya menjadi korban akibat Merapi."

Pemerintah pusat telah meminta pemerintah daerah untuk mendata pemilik ternak tersebut. Selain mengucurkan dana, pemerintah telah melobi asosiasi pengusaha ternak sapi-kerbau untuk membeli hewan ternak peternak yang tinggal di sekitar merapi. "Mereka siap," kata Suswono.

Lantas, bagaimana dengan peternak yang mengkredit hewan ternak melalui bank? "Kami akan minta diputihkan. Ini bencana, force major. Peluang itu memungkinkan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com