Asyik BB-an Bisa Bikin Ambeien

Kompas.com - 15/11/2010, 12:17 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com — Fenomena penggunaan ponsel canggih atau smartphone di masyarakat memang sungguh luar biasa.  Gadget mutakhir seperti Blackberry (BB) atau iPhone kini sudah menjadi bagian vital dari kehidupan seseorang sehingga selalu dibawa ke mana pun pergi.

Di balik kemudahan dan kecanggihan yang diberikan kepada penggunanya, gadget-gadget ini kerap mendatangkan risiko dan efek buruk bagi kesehatan. Tak jarang kita  mendengar adanya laporan hasil riset yang mengaitkan efek radiasi ponsel dengan sejumlah penyakit, seperti kanker atau tumor.

Namun, sebuah laporan terbaru di Inggris menyebutkan, penggunaan gadget juga  dapat meningkatkan risiko mengidap penyakit ambien atau haemorrhoid.  Kok bisa?

Rupanya, perilaku penggunaan BB atau iPhone di sana sudah sedemikian akutnya. Gadget-gadget ini  selalu digunakan kapan pun dan di mana pun, termasuk saat pergi ke toilet. 

Fenomena yang sama mungkin juga terjadi di Indonesia.  Berada di toilet untuk buang hajat adalah kesempatan terbaik menggunakan ponsel sehingga penggunanya sering kali menjadi lupa diri karena asyik bermain games, chat, atau BBM-an.

Akan tetapi, perilaku itulah yang kemudian memicu risiko dan membuat kasus ambeien meningkat. Di Inggris, fenomena kasus ambeien ini memunculkan istilah "BlackBerry Bottom".

Survei terbaru di Inggris menunjukkan, 8 dari 10 pengguna smartphone mengaku menggunakan ponsel saat di toilet. Padahal, berlama-lama duduk di toilet dapat menyebabkan risiko wasir menjadi bengkak.

"Duduk di permukaan yang dingin dan keras dalam jangka waktu cukup lama dapat meningkatkan risiko timbulnya haemorrhoid, jadi Anda sebaiknya memainkan Angry Birds (game) di tempat yang lebih nyaman," ujar Stephanie DeGiorgio, dokter dari  wilayah Kent.

Sebuah survei di Inggris menunjukkan, pria cenderung lebih suka bermain game saat berada di toilet, sedangkan wanita justru lebih senang menelepon di tempat ini. Baik pria maupun wanita mengaku kerap membuka Facebook, Twitter, dan e-mail di toilet.

Meskipun demikian, tidak hanya bagian "belakang"  yang terancam mengalami risiko kesehatan akibat penggunaan gadget secara berlebihan ini.  Berikut adalah bagian tubuh lain yang juga mengalami risiko kalau Anda tidak bijak menggunakan ponsel canggih atau smartphone.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.