Agar Makanan Kering Selalu Renyah

Kompas.com - 15/11/2010, 15:51 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Jika Anda tak sempat memasak, menyiapkan menu makanan yang praktis seperti makanan kering memang bisa jadi pilihan. Sebut saja, kering tempe, kering kentang, dan teri kacang. Keuntungan lain dari jenis makanan ini adalah dapat bertahan lama jika disimpan dengan cara dan dalam wadah yang tepat. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam menyimpan makanan kering tersebut.

Pisahkan dari bumbunya
Bedakan wadahnya jika makanan kering seperti kering kentang atau teri kacang akan diberi sambal atau bumbu. Alasannya agar menu-menu tadi tetap renyah dan tidak lembek.

Sambal atau bumbu dapat dicampurkan pada saat makanan hendak dipanaskan. Selain memisahkan wadah bumbu, tentunya memisahkan jenis masakan berbeda juga harus dilakukan agar kualitas tetap terjaga.

Simpan di wadah kedap udara

Menyimpan makanan dalam wadah kedap udara dimaksudkan agar makanan tidak mudah melempem dan lebih awet. Pada umumnya wadah penyimpanan yang kedap udara terbuat dari plastik. Pilih wadah plastik yang aman untuk makanan (food contact materials) dan memiliki tanda aman untuk pangan (food safe atau food grade).

Wadah ini biasanya memiliki lambang-lambang yang mewakili tanda bahwa plastik tersebut aman untuk berkontak dengan makanan, contohnya lambang dari Eropa, berupa siluet gelas dan garpu, tulisan food grade, tulisan approved by FDA, atau merupakan merek dagang yang sudah dipatenkan seperti simbol TM (Trademark) atau R (Registered).

Taruh dalam kulkas
Cara ini biasanya paling sering dilakukan jika terdapat makanan sisa atau berlebih yang masih ingin kita makan keesokan harinya dengan cara dipanaskan.

Yang perlu diingat adalah batas waktu layak konsumsi. Karenanya setelah disimpan dalam wadah, taruh di kulkas dengan suhu yang sesuai, misalkan makanan kering disimpan dalam suhu 10-21 derajat Celcius.

Aturlah tata letak makanan yang tidak terlalu padat agar sirkulasi udara lancar, dan pisahkan makanan yang berbau tajam dari makanan kering.

Lemari yang tak lembab
Metode lain menyimpan makanan kering adalah menggunakan lemari yang tidak lembab supaya jamur tidak muncul sehingga kualitas terjaga.

Jika cara-cara ini dilakukan dengan benar, makanan kering yang disimpan dapat bertahan hingga waktu 1-2 minggu, dan masih aman untuk dikonsumsi.

Jangan lupa untuk memastikan kondisi dari makanan yang disimpan, apakah masih layak dikonsumsi atau sudah kedaluwarsa. Tanda makanan kering yang sudah tak layak konsumsi adalah bau tidak sedap, warnanya berubah, rasanya alot, tumbuh jamur berwarna putih, serta makanan menjadi basah atau lengket.

(Tabloid Nova/Dana Melisa/Radityo Bagus)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.