Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sanctum: Eskapisme Pemanjaan 5 Indera

Kompas.com - 26/11/2010, 13:43 WIB

KOMPAS.com - Salah satu tempat pelarian menenangkan stres yang makin berkembang dan disukai belakangan ini adalah tempat pijat dan refleksologi. Tetapi kalau tempatnya bising, pelayanan tidak ramah, pijatan asal, dan tempatnya jorok, wah, yang ada malah tambah stres. Untuk Anda yang suka pijat dan butuh tempat "pelarian" dari kepenatan harian, coba kunjungi Sanctum.

"Kita lihat belakangan ini makin banyak orang yang terkena stres, terpapar polusi, kesal karena macet, dan deraan sibuk sehari-hari. Bukan hal yang menyenangkan. Untuk keluar dari itu, maka orang-orang pun mencari relaksasi, karena itulah kami ciptakan Sanctum (baca: Sengtum)," jelas Dian Puspita, Store Manager Sanctum saat dihubungi oleh Kompas Female beberapa waktu lalu.

"Sanctum tak ingin dikenal sebagai tempat refleksologi, tapi jadi tempat pelarian sejenak dari kepenatan. Karena itu tema kami adalah "Escape". Kami menyediakan treatment yang berbeda dari tempat spa. Karena tempatnya di mal, kami menarget kepada para pebisnis dan profesional yang tak punya waktu banyak. Yang tak punya waktu 2-3 jam untuk memanjakan diri dalam sehari. Mereka tentu tak ingin repot usai relaksasi harus pakai mandi atau make up lagi. Jadi, treatment-treatment yang kami tawarkan adalah cara cepat, tak pakai minyak, melainkan pakai bedak," jelas Dian lagi.

Sanctum berasal dari kata sanctuary, yang berarti tempat peristirahatan untuk merasa damai dan merasa seakan sedang ada di dunia yang berbeda. Menurut Dian, Kenko yang berasal dari Singapura ini saat ini sudah memiliki beberapa jenis refleksologi. Pertama, Kenko Reflexologi (yang akan diganti menjadi Meiso), Kenko Fishspa, serta Sanctum (tempat refleksologi premium).   

Bedanya Sanctum dari Kenko Reflexology adalah pada treatment-nya. Kalau di Kenko Reflexology, hanya ada satu jenis treatment, yakni refleksi (kaki saja atau tubuh). Sementara di Sanctum, ada beberapa pilihan berbeda. Di Sanctum, ada tambahan pilihan treatment, yakni Elastic Reflexology dan Leg and Feet Shine (scrubbing kaki).

Lemaskan otot dengan paduan peregangan dan refleksi

Salah satu teknik yang berbeda dan diunggulkan pada Sanctum adalah Elastic Reflexology (90 menit). Diceritakan Dian, Elastic Reflexology merupakan perpaduan stretching (peregangan otot selama 30 menit) dan teknik Absolute Reflexology (1 jam) dari Kenko. "Elastic Reflexology ini bagus untuk yang suka berolahraga, supaya ototnya tak tegang. Bagi yang jarang olahraga pun bagus, karena otot-ototnya jarang dilatih, di sini akan dibiasakan, apalagi jika ada bagian tubuh yang tegang. Peregangannya akan membantu otot untuk relaksasi, dan akan baik jika dilakukan seminggu 2 kaki, tergantung intensitas olahraga Anda. Semakin Anda sering olahraga, maka akan lebih baik jika Anda perbanyak stretching untuk menjaga keluwesan otot," jelasnya lebih dalam.

Menurut Dian, teknik stretching yang dilakukan ini merupakan pengembangan sendiri dari pelatih refleksi Kenko di Indonesia, yang juga seorang pelatih kebugaran. "Karena pelatih kami adalah seorang personal trainer fitness, ia paham akan pentingnya stretching bagi keluwesan otot," jelas Dian.

Sebelum memulai treatment ini, Anda akan diminta mengganti baju dari mereka dan menyimpan barang-barang Anda di loker. Baju putih dan celana yang longgar ini dimaksudkan untuk kenyamanan Anda saat peregangan yang akan dibantu oleh para terapis di sana. Kemudian Anda akan diminta masuk ke sebuah ruangan untuk pembasuhan kaki. Setelah itu, Anda dipersilakan mengenakan sandal plastik dengan tonjolan, dan dipandu menuju ruangan pijatan yang bernuansa putih-krem, dengan lampu redup. Setelah itu, si terapis akan memulai peregangan mulai dari pundak, ke kepala, tangan, dan leher. Kemudian memasuki sesi refleksologi, dan peregangan sisa badan, termasuk menarik tangan perlahan ke arah belakang Anda. Usainya, Anda akan merasa ada bagian-bagian otot pada tubuh yang tadinya tegang beranjak lebih ringan.

Memanjakan kelima indera

Ketika ditanyakan, apa alasan untuk datang ke Sanctum, dan bagaimana dengan para pemula yang tak biasa dipijat, Dian berkata, "Memang ada beberapa pelangga yang awalnya takut, tetapi begitu merasakan dan tahu kegunaannya, pasti akan kembali lagi. Jangan takut mencoba, karena studi membuktikan, refleksologi ampuh menurunkan stres. Plus, ambiance juga bantu turunkan stres Anda. Di Sanctum, kami percaya kepada omnisense untuk kenyamanan pelanggan. Omnisense adalah pengalaman dari kelima indera untuk mendorong rasa nyaman. Mulai dari peraba (halusnya selimut dan pijatan yang tenang), pengecap (rasa minuman menyehatkan dan organik), penciuman (aromaterapi untuk relaksasi), penglihatan (tidak akan ada sudut yang terbiasa di kantor bersudut yang bikin lelah, yang ada hanya lengkung untuk ciptakan kesan relaks), dan suara (suara yang lembut dari musik)."

Sanctum
Courtyard Level Plaza Senayan
Shop Unit no. CL001 (di bawah butik Ermenegildo Zegna)
T. (021) 572 5145
Harga:
Absolute Reflexology
60 min. Rp 125.000
90 min. Rp 165.000
120 min. Rp 210.000

Elastic Reflexology
90 min. Rp 185.000

Back and Shoulder Revival
20 min. Rp 65.000
40 min. Rp 100.000

Leg and Feet Shine
Rp 20.000

Promo: Tuliskan pesan yang mencantumkan nama Sanctum pada status Twitter, FB, atau Foursquare, tunjukkan pada petugas Sanctum, dapatkan gratis treatment Leg and Seet Shine. Khusus untuk penghuni apartemen di kawasan Plaza Senayan dan tenant Plaza Senayan, akan mendapatkan potongan harga sebesar 20 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com