600.000 Perokok Pasif Tewas Tiap Tahun

Kompas.com - 26/11/2010, 14:32 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Seseorang yang tidak merokok, tetapi berada di sekitar orang yang merokok dan mengisap asap rokok, atau disebut juga perokok pasif, akan ikut terkena dampak dari bahaya rokok. Menurut data, lebih dari 600.000  perokok pasif tiap tahunnya meninggal.

Dalam sebuah penelitian pertama yang melihat dampak kesehatan perokok pasif, para peneliti menemukan 40 persen anak-anak dan lebih dari 30 persen pria bukan perokok setiap harinya ikut menghirup asap rokok yang berasal dari rokok perokok aktif.

Data yang dikumpulkan, dari 192 negara itu menemukan bahwa tiap tahunnya 379.000 orang meninggal akibat penyakit jantung, 165.000 akibat penyakit pernapasan, 36.900 akibat asma, dan 21.400 meninggal akibat kanker paru. Apabila diakumulasi, angka tersebut mencapai 1 persen dari penyebab kematian secara global.

"Data tersebut membantu kita memahami dampak nyata dari tembakau. Kombinasi antara penyakit infeksi dan menjadi perokok pasif bisa berakibat mematikan," kata Armando Peruga, program manajer dari WHO Tobacco-Free Initiative yang melakukan penelitian ini.

Ia menjelaskan, WHO menaruh perhatian terhadap angka kematian pada anak-anak akibat infeksi pernapasan sebagai dampak dari asap rokok yang tiap tahunnya mencapai 165.000 korban tewas, terutama di Asia Tenggara dan Afrika.

Data WHO menyebutkan, negara yang penduduknya paling banyak terpapar asap rokok adalah Eropa dan Asia. Sementara itu, jumlah terendah ada di Amerika, Mediterania timur, dan Afrika.

Perempuan yang sering terpapar asap rokok menderita kerugian yang paling besar dengan jumlah kematian 281.000. Di banyak negara, 50 persen perempuan menjadi perokok pasif. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.