Waspadai Malaria di Musim Hujan

Kompas.com - 22/12/2010, 20:15 WIB
EditorBenny N Joewono

LEBAK, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Provinsi Banten, meminta warga setempat mewaspadai penyebaran penyakit malaria selama musim hujan dewasa ini.

"Kami saat ini mewaspadai merebaknya penularan penyakit malaria karena curah hujan cukup tinggi, dan kita juga minta warga untuk waspada penyebaran penyakita ini," kata Kepala Dinkes Lebak Maman Sukirman, Rabu (22/12/2010).

Malaria merupakan jenis penyakit menular yang bisa menimbulkan kematian, jika penderita tidak segera diberikan pengobatan.

Selama ini, kata dia, daerah endemis malaria berada di sekitar pesisir pantai selatan Kabupaten Lebak, sebab di daerah tersebut jika musim hujan menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Anopheles yang hidup di laguna-laguna pantai.

Beberapa kecamatan yang memiliki pantai menjadi endemis malaria, yakni Kecamatan Cihara, Binuangen, Bayah, Cilograng, Malingping, dan Panggarangan.

"Saya minta warga yang tinggal di sekitar pantai diminta waspada serangan penyakit itu," katanya.

Untuk mencegah penyebaran penyakit malaria diminta masyarakat melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan kebersihan lingkungan.

"Gerakan PSN lebih efektif untuk mematikan matarantai penyebaran malaria dibandingkan dengan pengasapan atau fogging," katanya.

Selama ini, Dinas Kesehatan telah melakukan penyemprotan larvaciding guna membunuh jentik-jentik nyamuk Anopheles yang berkembangbiak di laguna-laguna yang ada di pantai.

Selain itu, juga menyebar ikan kepala timah untuk membunuh jentik nyamuk itu pada laguna sekitar pantai.

Malaria biasanya menyerang pada curah hujan tinggi sehingga masyarakat pesisir diminta untuk mewaspadai penyakit tersebut.

Petugas Puskesmas Bayah Kabupaten Lebak Anwar mengaku, selama ini kasus malaria sering menyerang warga.

Namun sepanjang 2010 tidak menimbulkan korban jiwa karena mereka cepat mendapat perawatan.

"Kami saat ini terus melakukan pencegahan malaria memasuki musim hujan," katanya.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X