Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Haid Tak Teratur, Bikin Kurang Subur?

Kompas.com - 06/01/2011, 15:02 WIB

TANYA:

Dok, saya wanita dan sudah menikah hampir setahun yang lalu. Tapi sampai saat ini saya belum juga hamil, padahal kami sudah ingin punya momongan. Masalahnya haid saya kadang tidak teratur, bahkan pernah berbulan-bulan tidak haid dan ini berlangsung sejak sekitar 5 tahun belakangan ini.

Sekarang saya sedang berkonsultasi dengan dokter kandungan dan diberi obat pengatur hormon dan sudah berjalan dua bulan lebih. Kira-kira berapa besar ya dok kemungkinan saya untuk hamil? dan berapa lama kami harus menunggu lagi dok?

Rayva (26), Pangkalpinang

 

JAWAB:

Permasalahan pada kasus ibu adalah belum bisa hamil  karena haid yang tidak teratur. Untuk itu penting sekali dicari penyebab tidak teraturnya haid. Ibu dapat melakukan pemeriksaan USG transvaginal  secara serial, pemeriksaan hormonal dan tes resistensi insulin. Ibu juga dapat mulai mengatur pola hidup sehat dengan gizi berimbang.

Demikian pula dengan pemeriksaan infertilitas dasar harus dilakukan seperti pemerikaan HSG dan sperma analisis. Setelah kita tahu kemungkinan penyebabnya,  baru kita upayakan program kehamilan. Seberapa besar kemungkinan hamil nya ? memang sulit dikatakan, tapi paling tidak banyak  yang bisa dilakukan, apalagi umur ibu masih 26 tahun.

Berapa lama harus menunggu ? Bila semua pemerikaan telah dilakukan dan kemudian mulai dengan program hamil, mulai dari picu ovulassi, inseminasi dan mungkin bayi tabung, proses nya sekitar 6 bulan. Menurut saya ibu jangan tergantung dengan berapa lamanya tapi coba kita lakukan prosedurnya. Mudah-mudahan segera hamil. Jangan lupa berdoa. Amin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com