Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas! Flu Burung Merata di Jawa Timur

Kompas.com - 24/02/2011, 17:52 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Virus flu burung menyebar ke seluruh kabupaten di Jawa Timur. Setiap tahun, Dinas Peternakan Jawa Timur selalu menemukan kasus kematian unggas akibat terjangkit flu burung.

Kepala Dinas Peternakan Jawa Timur Suparwoko Adisoemarto mengatakan, tren kasus flu burung biasanya meningkat pada musim hujan. "Ketika curah hujan tinggi, kan jadi lembab, nah pada saat seperti itulah banyak ditemukan kasus flu burung," katanya Kamis (24/2/2011).

Meski penyebarannya didukung oleh hujan dan suhu yang lembab, Suparwoko menyebut bahwa anomali cuaca akhir-akhir ini tidak lantas menambah jumlah kasus unggas yang terjangkit flu burung.

Menurut dia, kasus unggas yang terjangkit flu burung merata di seluruh kabupaten di Jawa Timur. Ini karena sentra unggas di Jawa Timur menyebar di seluruh kabupaten. Kondisi semacam itu membuat upaya pencegahan penyebaran virus tersebut menjadi semakin sulit.

Meski begitu, sejauh ini kasus terjangkitnya flu burung terjadi secara sporadis dalam area tertentu. "Pencegahan terus kami upayakan, namun kasusnya memang masih selalu muncul setiap tahun," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com