Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi untuk Sakit Amandel Kambuhan

Kompas.com - 08/04/2011, 13:41 WIB

TANYA :

Halo dokter, saya sudah lama mengidap penyakit amandel. Kira-kira sejak saya duduk di bangku kelas 3 sekolah dasar. Amandel saya biasa kambuh 1-2 kali setiap bulan. Setiap kali ke dokter hanya di berikan obat yang itu aja.  Setelah meminum obat tersebut, ada perubahan yaitu amandel saya tidak terlalu sakit tetapi di lain waktu amandel itu kambuh lagi.

Apakah ada solusi lain untuk mengatasi penyakit amandel? Apakah penyakit ini menular dan berbahaya untuk kelangsungan hidup saya. Sebelum dan sesudah saya ucapkan terimakasih pada dokter 

Ria, 16, Pontianak

Mbak Ria di Pontianak, amandel merupakan kumpulan kelenjar limfe di muara kanan kiri sebelum makanan masuk ke dalam kerongkongan. Jika sampai meradang akibat infeksi saluran napas atas, memang akan menimbulkan rasa nyeri saat menelan air maupun makanan dan bahkan bisa saja terjadi demam.

Oleh sebab itu, jika radang amandel sering berulang, maka saya sarankan temui dokter spesialis THT anda untuk dilakukan pemeriksaan dan perencanaan pengobatan.

Jika masih kecil dan tidak mengganggu, maka dokter bisa saja hanya akan memberikan obat. Sebaliknya, jika besar dan atau sering kambuh, maka bisa jadi dokter anda akan menganjurkan untuk pengambilan amandel anda, sehingga tidak lagi mengganggu.

Infeksi amandel yang sering berulang tidak baik, karena dapat menyebarkan kuman maupun antibodi ke jaringan tubuh lainnya, seperti ke ginjal, sendi, katup jantung, otak atau pembuluh darah lainnya dengan akibat cukup berbahaya.  Semoga jawaban saya bisa membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com