Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Kuman TB yang "Sembunyi"

Kompas.com - 12/04/2011, 18:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi anda yang pernah menderita Tuberkulosis (TB) dan dinyatakan sembuh, jangan pernah menganggap diri Anda bisa bebas sepenuhnya dari ancaman penyakit mematikan yang satu ini.

Ada satu hal yang unik pada penyakit ini. Jika sekali saja anda terinfeksi TB, maka kuman tersebut tidak akan bisa keluar dari tubuh Anda.

Menurut dr. Arifin Nawas, Sp P(K), spesialis paru dari RSUP Persahabatan, seseorang yang dinyatakan sembuh dari TB, maka semua kuman yang berada di salah bagian cairan tubuh yakni ekstraseluler akan mati. Tetapi, ada sebagian kuman TB yang tidak dapat mati, yakni yang berada di bagian intraseluler.

"Sebagian kuman yang berada di intraseluler akan diselimuti atau dilindungi oleh daya tahan tubuh kita sendiri," ucapnya, saat talkshow  'Waspada TB di Sekitar Anda di Rumah Sakit Persahabatan, Selasa, (12/4/2011).

Menurut Arifin, kuman itu nantinya akan membentuk apa yang dinamakan sarang-sarang perkapuran. Di sarang perkapuran inilah, si kuman akan tidur atau disebut juga dengan dorman.

"Dia tidak bisa dicapai oleh obat apapun," jelasnya.

Sebagai contoh, pada pasien yang mengidap HIV-AIDS. Daya tahan tubuh yang menurun akan membuat benteng pertahanan tubuh mereka menjadi sangat lemah sehingga terjadi pencairan kuman.

"Akibat pencairan ini, si kuman yang dorman tadi akan keluar. Inilah yang menyebabkan terjadinya kekambuhan. Dorman menjadi lebih aktif kembali," bebernya.

Kambuhnya kembali TB pada pasien yang sudah sembuh besar kemungkinan terjadi. Oleh karena itu, pasien yang sudah sembuh dari TB, diimbau untuk tetap menjaga kondisi tubuh mereka supaya selalu dalam keadaan fit.

"Sembuh seratus persen, rasanya tidak begitu. Untuk pasien TB, minimal setiap satu tahun sekali dia harus kontrol lagi ke tempat di mana dia pengobatan awal, supaya tidak bisa kambuh" pungkas Arifin.

Untuk mencegah agar TB  tidak kambuh, ada beberapa hal yang bisa dilakukan di antaranya, berusaha untuk menerapkan gaya hidup sehat dan disiplin, seperti istirahat secara teratur, makan teratur, tidak merokok, rutin berolahraga dan menghindari stres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com