Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah, Punya Mobil Kok Dapat Jamkesmas

Kompas.com - 26/04/2011, 12:28 WIB

KENDAL, KOMPAS.com — Pemberian jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) dari pemerintah pusat dan jaminan kesehatan masyarakat dari pemerintah daerah (jamkesda) di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, salah sasaran. Pasalnya, ada warga yang mempunyai mobil, tapi mendapatkan jamkesmas.

Hal itu dikatakan oleh Bupati Kendal Widya Kandi Susanti, di sela-sela memberikan bantuan kepada orangtua Daffa, anak balita penderita tumor di lehernya, Selasa (26/4/2011).

Widya mengatakan, salah sasaran  terjadi karena adanya nepotisme dengan oknum petugas. Untuk itu, harus dilakukan pendataan ulang terkait dengan pembagian jamkesmas dan jamkesda tersebut. Diharap pada tahun 2012, pendataan ulang itu akan selesai. "Orangtua Daffa, yang benar-benar tidak mampu dan rumahnya juga kurang layak, malah tidak mendapat jamkesmas dan jamkesda," katanya.

Widya menegaskan, supaya tidak terjadi salah sasaran lagi, harus dilakukan kerja sama dengan badan keswadayaan masyarakat (BKM) dari program nasional pemberdayaan masyarakat (PNMPM) guna mendata masyarakat miskin di Kabupaten Kendal.

Widya pun mengimbau masyarakat Kabupaten Kendal yang tidak menerima jamkesmas dan jamkesda bisa meminta surat keterangan tidak mampu dari desa atau kelurahan agar bisa berobat tanpa biaya.  "Surat keterangan tidak mampu dari desa atau kelurahan bisa dijadikan pengganti jamkesda," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com