Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Bayi Disunat?

Kompas.com - 07/05/2011, 07:44 WIB

TANYA

Halo dok, saya ingin bertanya tentang anak laki-laki saya yang sekarang berusia 7 bulan. Minggu lalu ia rewel sekali dan menangis terus. Saya baru ingat kalau ia sudah agak lama tidak pipis. Ketika saya bawa ke dokter dibilang ia harus disunat karena kulupnya tertutup.

Perlukah saya mencari second opinion? Apakah sunat adalah satu-satunya jalan? Saya agak ngeri karena ia masih bayi. Mohon penjelasannya.

Putri (32), Jakarta.

JAWAB

Ibu Putri yang baik, kulup yang menyempit dalam bahasa medis disebut dengan fimosis. Seringkali ini menyebabkan si bayi harus mengedan lebih kuat saat buang air kecil. Hal ini tentu menyebabkan ia merasa tidak nyaman dan menangis/rewel.

Beberapa penelitian menyebutkan fimosis seringkali menyebabkan meningkatnya risiko terjadinya infeksi saluran kemih pada anak.

Menurut hemat saya apabila memang kondisi fimosis ini menyebabkan si kecil tidak nyawan dan rewel sebaiknya memang dilakukan sunat/sirkumsisi. Perlu diketahui prosedur sunat ini aman bagi bayi ibu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com