Masturbasi Bikin Cepat Ejakulasi?

Kompas.com - 18/05/2011, 10:55 WIB
EditorAsep Candra

TANYA:

Dok, saya pengantin baru, namun harus berpisah dan menjalin hubungan jarak jauh. Karena itulah saya dan istri cuma bisa saling menelepon. Di sela-sela perbincangan tersebut, kami kadang-kadang melakukan masturbasi atau semacamnya.

Namun, akhir-akhir ini, saya sedikit khawatir karena sebentar lagi saya ketemu istri saya dan semenjak melakukan masturbasi, saya jadi cepat ereksi dan cepat mengalami ejakulasi. Adakah hubungannya masturbasi dengan ketahanan terhadap ejakulasi dan bagaimana mengatasi/mengobati permasalahan yang saya hadapi ini? Terima kasih, Dok.

(Jamil Kaharudin, 25, Jakarta)

 

JAWAB:

Apa yang Anda lakukan dengan istri sebenarnya bukan masalah. Yang pasti, tidak akan menimbulkan risiko dibandingkan melakukan hubungan seksual dengan orang lain.

Maturbasi yang Anda lakukan tidak akan berakibat pada ejakulasi yang cepat ketika melakukan hubungan seksual kelak dengan istri. Karena saya pikir, Anda melakukannya tidak harus asal cepat selesai.

Masturbasi yang dilakukan secara tergesa-gesa diyakini dapat mengakibatkan ejakulasi dini. Oleh sebab itu, saya pikir tidak ada alasan Anda untuk melakukannya dengan tergesa-gesa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.