Toko Online Mengandalkan Reputasi

Kompas.com - 03/06/2011, 10:37 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Pilihan untuk berjualan online semakin terbuka lebar. Kini, situs belanja online semakin bertebaran. Bahkan jejaring sosial pun mulai menjajaki e-commerce. Bagi Anda yang tertarik berbisnis online, media internet untuk berjualan tersedia dengan banyak pilihan. Faktor paling utama yang ditawarkan adalah kenyamanan dan keamanan. Selain bergabung dalam situs belanja online ternama, Anda juga bisa mendesain situs pribadi, atas nama perusahaan sendiri. Kuncinya, menjaga reputasi agar pembeli nyaman dan yakin belanja di situs Anda.

Pemilik butik online, hamilcantik.com, Nuniek Tirta Ardianto, mengatakan memiliki domain pribadi untuk berbisnis online lebih murah. Soal kepercayaan pembeli, pemilik toko online perlu menjaga reputasi. Reputasi yang baik membuat penggemar belanja online merasa aman dan nyaman berbelanja.

"Saya selalu menyertakan pernyataan semacam jaminan di situs saya. Reputasi merupakan faktor penting yang perlu dijaga untuk mendapatkan kepercayaan pembeli. Pembeli mungkin merasa aman jika berbelanja di situs belanja online milik perusahaan besar ternama. Namun usaha kecil, dengan situs online pribadi juga bisa mendapatkan kepercayaan pembeli dengan nama baik yang selalu dijaga," jelas Nuniek kepada Kompas Female di Jakarta baru-baru ini.

Nuniek mengatakan, butik online miliknya berjalan mandiri dengan situs milik sendiri. Menurutnya, nama baik dan kepercayaan publik didapatkannya melalui berbagai cara. Selain memastikan pelayanan dan transaksi berjalan baik, ulasan mengenai produknya di berbagai media juga turut memengaruhi.

"Sejumlah media mengulas profil butik online saya. Hal ini sangat memengaruhi sehingga membuat pembeli yakin dan percaya untuk bertransaksi di butik online saya. Media tentu tak sembarangan menulis profil suatu usaha. Tulisan di media ini menjadi referensi bagi pembeli untuk bertransaksi di internet," jelasnya.

Promosi dari media memang berdampak besar untuk menggaet rasa percaya pengguna internet. Namun yang utama dari toko online adalah pelayanan dan reputasi pemilik juga pengelola toko online tersebut. Transaksi yang berjalan baik dan bisa diandalkan, nama baik pemilik toko, membuat penggemar belanja online semakin yakin untuk berulang kali berbelanja melalui situs belanja online skala usaha kecil.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X