Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mata Anak Sering Berair

Kompas.com - 20/07/2011, 16:57 WIB

TANYA:  

Salam dok, anak saya yang pertama usia 5 tahun, sejak bayi matanya selalu berair. Saya sudah membawanya ke spesialis mata, bahkan dilakukan terapi. Tapi hingga sekarang masih berair. Menurut analisis dokter, saluran air mata anak saya belum terbuka. Pertanyaannya, berbahayakah kondisi ini untuk kesehatan mata anak saya karena saya khawatir bila terlalu sering diberi obat. Terima kasih.  

Ade Wahyudi (35), Cilegon

 

 

JAWAB :

Kondisi mata yang selalu berair di antaranya memang dapat disebabkan karena saluran air mata (duktus nasolakrimalis) yang belum terbuka, bisa disebabkan karena memang secara bawaan saluran tersebut buntu atau karena memang tersumbat.

Untuk menentukan kondisi tersebut, sebaiknya si kecil dibawa berobat ke dokter spesialis mata subspesialis pediatri yang terdapat di RS khusus mata. Kemungkinan akan dilakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah karena buntu atau tersumbat. Atau hal tersebut dapat disebabkan oleh penyebab lain yang harus ditemukan sehingga pendekatan terapinya lebih optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com