Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Alami Redakan Gangguan Perut

Kompas.com - 26/07/2011, 11:38 WIB

KOMPAS.com — Apakah Anda sering mengalami perut terasa berat, sering bersendawa, kembung, atau terasa panas? Keadaan seperti itu sering kali berhubungan dengan gangguan pencernaan, dan ketika menyerang membuat Anda menjadi tidak nyaman dan mengganggu aktivitas.

Gangguan pencernaan sering kali berkaitan dengan kebiasaan makan yang tak sehat dan tingkat stres yang mengakibatkan sekresi cairan perut yang tidak menentu. Saat situasi ini datang menghampiri, Anda tidak perlu terburu-buru ke toko obat untuk membeli antasida untuk mengatasinya.

Ada baiknya Anda mencoba sejumlah resep alami berikut ini. Sepuluh resep berikut ini dapat meringankan keluhan pada pencernaan Anda.

1. Lemon dan jahe

Ini  adalah resep paling sederhana dan bahan-bahannya tersedia di rumah Anda. Yang Anda butuhkan adalah dua sendok makan jus lemon, jahe, dan madu lalu dicampur dengan segelas air hangat. Minum ramuan ini setelah makan.

2. Jeruk

Jika Anda berpikir resep di atas sulit, cobalah memakan jeruk setelah makan. Para ahli mengatakan, memakan jeruk dapat memberikan istirahat pada organ-organ pencernaan dan dapat memberikan gizi yang cukup.

3. Anggur

Siapa yang dapat menduga adanya hubungan antara buah anggur dan kesehatan pencernaan? Anggur ternyata adalah buah lezat yang dikenal dapat menghilangkan iritasi pencernaaan dan lambung.

4. Lemon

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com