Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amandel pada Anak

Kompas.com - 27/07/2011, 07:09 WIB

TANYA: Anak laki-laki saya berumur 3 tahun 5 bulan, beberapa hari yang lalu demam. Kemudian dokter mengatakan, tonsilnya meradang. Sekarang sudah sembuh, tetapi apakah penyakit amandelnya itu akan diderita seumur hidup? Apakah jalan keluarnya hanya operasi, mengingat dia masih kecil dan trauma jika masuk rumah sakit. Apa sebenarnya penyakit amandel, apakah berkaitan dengan makanan atau minuman tertentu? Nia, Bengkayang

JAWAB: Amandel atau tonsil adalah salah satu jaringan tubuh yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh di saluran napas. Peradangan di saluran napas atas dapat menyebabkan tonsil meradang, merah, dan membesar. Penyebab tersering adalah virus, dan hanya sebagian kecil yang disebabkan oleh bakteri sehingga sering kali tidak memerlukan antibiotik.

Indikasi atau tanda-tanda ia memerlukan tindakan operasi adalah bila infeksi terjadi berulangkali, lebih dari tiga kali dalam 1 bulan, pembesaran tonsil yang hampir menutup saluran napas sehingga ia kesulitan bernapas/sering ngorok dan terbangun karena sulit bernapas, tonsilnya meradang dan bernanah. Bila tidak ada indikasi tersebut, tidak memerlukan tindakan operasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com