Rutin Konsumsi Yogurt Melangsingkan?

Kompas.com - 08/08/2011, 16:10 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Agar tidak sia-sia usaha Anda dalam menurunkan berat badan, tambahkan yogurt dalam menu harian. Bukan hanya bagus untuk pencernaan tapi minuman ini juga memiliki efek melangsingkan.

Dalam penelitian di Amerika Serikat terhadap 120.877 wanita dan pria, ditemukan faktor-faktor apa yang membuat tubuh menjadi gemuk dan pola makan apa yang bisa menurunkan berat badan.

Tim peneliti dari Harvard Medical School dan Harvard School of Public Health itu menemukan, peningkatan konsumsi kentang, minuman yang mengandung gula, daging yang diproses, daging merah, trans fat, makanan pencuci mulut yang manis, serta biji-bijian yang digiling akan meningkatkan berat badan.

Sementara itu peningkatkan konsumsi yogurt, buah, kacang-kacangan, sayuran, dan serelia utuh berkaitan dengan penurunan berat badan.

Para peneliti menduga bahan pangan kaya serat akan membantu orang yang sedang berdiet untuk menahan asupan makanannya.

"Konsumsi tepung dan padi yang digiling mungkin tidak mengenyangkan sehingga tubuh akan terus mengirimkan sinyal lapar," kata Dr.Dariush Mozaffarian, salah satu peneliti.

Yogurt, meski tidak mengandung serat namun memiliki efek penurunan berat badan dibandingkan dengan produk susu lainnya. Para ahli mengatakan keistimewaan yogurt disebabkan karena kandungan bakteri baiknya sehingga menjaga kesehatan tubuh.

Faktor lain yang membuat orang yang mengonsumsi yogurt dalam penelitian ini menjadi langsing mungkin disebabkan karena mereka memiliki perubahan gaya hidup yang tidak terukur dalam penelitian.

Perlu diingat pula bahwa efek pengaturan pola makan juga berbeda pada tiap orang, tergantung pada kebiasaan olahraga, pola tidur, durasi menonton televisi, merokok, serta konsumsi alkohol.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.