Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanjung Priok Siapkan 17 Dermaga

Kompas.com - 09/08/2011, 16:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Pelabuhan Tanjung Priok menyiapkan 17 dermaga, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan kapal bermuatan strategis menjelang Lebaran tahun 2011,

Dermaga yang disiapkan terdiri atas 14 dermaga kapal untuk muatan bahan pokok dan 3 dermaga bagi kapal penumpang.   

Fasilitas 14 dermaga ntuk melayani kapal-kapal pengangkut barang strategis memiliki total panjang 2.000 meter, yakni Terminal II: Dermaga 100, 101, 101 Utara, 102, 106, 107, 115, 201, 202 dan 203 dan Terminal III: 212, 213, 208 . Serta eks-Terminal Besi Bekas, yang dapat disesuaikan panjang dan draft kapalnya.  

Demikian kata Hambar Wiyadi, Sekretaris Perusahaan Bidang Humas PT Pelabuhan Indonesia II (persero), Selasa (9/8/2011) di Jakarta.

"Untuk perencanaan penyandaran kapal bermuatan strategis ini diprioritas dan diupayakan tidak menggang gu jad wal kegiatan pelayanan kapal lainnya," kata Hambar.

Hambar menambahkan, pelayanan dari Pusat Pelayanan Layanan Terpadu dilakukan selama 24 jam setiap hari. Sementara pengawasan dan pengendalian bongkar muat akan ditingkatkan melalui petugas Supervisi Operasi di lapangan di masing-masing terminal, serta pengawasan operasi (Wasop) terhadap pergerakan alur dokumen pelayanan kapal.  

Pengaturan dan pengendalian ini untuk mengantisipasi kemungkinan hambatan dan kendala yang muncul, sebagai akibat kedatangan beberapa kapal bermuatan strategis secara bersamaan di pelabuhan . 

 

Terminal Penumpang  

"Untuk pelayanan kapal penumpang disediakan Dermaga 105 dan 106 sepanjang 450 meter. Jika diperlukan akan dialokasikan tambahan dermaga 107 sepanjang 100 Meter. Diharapkan dengan penyediaan 3 unit dermaga ini, akan mampu mengantisipasi kedatangan arus kapal penumpang yang datang pada saat yang bersamaan," ujar Hambar.

Sementara untuk menunjang pelayanan kapal dan barang, telah dipersiapkan pelayanan 24 jam dengan menyiapkan petugas dalam satuan tugas piket secara bergiliran.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com