Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemasan Air Mineral Menentukan Kualitas Air Minum

Kompas.com - 26/08/2011, 20:12 WIB

KOMPAS.com - Tubuh membutuhkan setidaknya 2 liter air setiap hari. Namun, tidak sembarang air bisa dikonsumsi. Memilih air minum berkualitas penting untuk menjaga kesehatan keluarga. Salah satu cara memilih air minum berkualitas adalah dengan melihat kemasannya.

"Kemasan mempunyai peranan yang sangat penting untuk menjaga kualitas mutu makanan dan minuman yang terkait dengan kesehatan kita," ujar Ariana Susanti, Direktur Pengembangan Bisnis Indonesian Packaging Federation (IPF), yang menyediakan kemasan untuk galon dan tutup galon Aqua, dalam pertemuan di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (24/8/2011) lalu.

Danone Aqua adalah salah satu penyedia air minum mineral dalam kemasan. Dalam hal pengemasan, Aqua mendesain tutup galon baru dengan teknologi double injection. Teknologi ini memberlakukan dua kali injeksi dengan kombinasi dua material yang berbeda, yang berbasis material plastik Poly-Ethilene dengan dua warna. Kemasan ini telah memenangkan penghargaan nasional dan internasional, di antaranya PackindoStar dan AsiaStar Awards untuk kategori Consumer Package, yang memenuhi kriteria penilaian untuk inovasi, fungsionalitas, penampilan grafis, efisiensi, aspek lingkungan, dan penampilan secara keseluruhan.

Untuk menyediakan air putih yang baik kepada konsumennya, para ahli di Aqua bekerjasama dengan pakar dari luar Aqua melakukan tiga pendekatan, yakni: melakukan seleksi, memastikan terjaga seutuhnya, dan melestarikan. Pendekatan pertama, seleksi, dilakukan untuk memilih sumber air terpilih. Pendekatan kedua, terjaga seutuhnya, dibuktikan dengan adanya sistem terpadu di semua pabrik Aqua, dan serangkaian upaya pelestarian di sekitar sumber air. Sedangkan pelestarian, adalah adanya upaya pelestarian lingkungan di sekitar sumber air.

"Kami memiliki sejumlah program yakni Aqua Lestari yang dimulai sejak 2006. Kami berkolaborasi dengan masyarakat melakukan pertanian berkelanjutan, pemberdayaan ekonomi lokal, serta pembangunan sarana akses air bersih dan penyehatan lingkungan di sekitar pabrik Aqua. Kami juga melakukan usaha berkelanjutan jangka panjang untuk konservasi hutan yang rusak oleh manusia melalui Program Lingkungan dan Penanaman Pohon," ujar Sonny Sukada, CSR Director Danone Aqua.

Dengan adanya penghargaan pada kemasan dan penelitian terpadu mengenai kualitas air putih yang dikemas, Anda bisa menentukan air mineral yang baik dikonsumsi oleh keluarga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com