Turunkan Gula Darah dengan Tidur

Kompas.com - 14/09/2011, 10:22 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Selain makan dan minum, tidur merupakan kebutuhan dasar manusia untuk hidup sehat. Tidur yang cukup tidak hanya mengurangi stres yang dirasakan sepanjang hari, tetapi juga bermanfaat untuk menurunkan gula darah.

Efek penurunan gula darah tersebut hanya bisa didapatkan dengan tidur yang cukup. Hal itu terjadi karena riset terbaru menunjukkan, kurang tidur akan memicu resistensi insulin. Alasan lainnya adalah orang yang kurang tidur sering kali mengalami sleep apnea atau henti napas sejenak yang sering dikaitkan dengan penyakit diabetes.

Bukti ilmiah juga menunjukkan, tidur sendiri membantu tubuh menggunakan glukosa secara efisien.

Sebuah penelitian menemukan, orang yang tidur sekitar 5 jam setiap malam memiliki sensitivitas insulin 40 persen lebih rendah dibanding orang yang tidur 8 jam. Kebanyakan orang tidur 60-90 menit lebih sedikit dari waktu tidur yang sebenarnya dibutuhkan.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X