Sariawan pada Anak

Kompas.com - 24/09/2011, 09:39 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Dok, anak saya umur 1,5 tahun, sudah tiga hari ini rewel terus dan tidak mau makan atau minum susu, setelah saya periksa ternyata di lidahnya terdapat sariawan, padahal anak saya sering makan sayur dan buah. Mohon penjelasannya dok, bagaimana anak saya bisa terkena sariawan. Lalu bagaimana mengobatinya dan kira butuh waktu berapa lama bisa sembuh. Atas jawabannya terima kasih.   Budi (27), Pangkalan Bun

JAWAB:

Sariawan dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya karena higiene sekitar mulut yang kurang terjaga, defisiensi vitamin tertentu seperti vitamin C, penggunaan antibiotik yang tidak tepat, faktor menurunnya daya tahan tubuh seperti kondisi lelah, sedang sakit, faktor mekanik seperti trauma fisik/gesek saat menggosok gigi dan sebagainya.

Kemungkinan-kemungkinan tersebut dapat saja terjadi pada si kecil. Yang terpenting adalah tetap melakukan kebiasaan-kebiasaan baik yang selama ini telah diajarkan kepadanya. Biasanya sariawan akan sembuh dalam 5-7 hari.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.