Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Samarinda Siap Jadi Barometer Kalimantan

Kompas.com - 10/10/2011, 14:33 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com - Seperti oase di padang pasir, kontes modifikasi bertajuk "Oto Modify 2011" berlangsung di Samarinda Square, Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu-Minggu (8-9/10) lalu, mampu menarik perhatian masyarakat sekitar. Tak hanya dihibur penampilan deretan mobil modif, pengunjung juga dapat menikmati beragam acara menarik dari penyelenggara.

"Kesehariannya mal ini tak banyak pengunjung, tapi selama pameran berlangsung pendatang cukup banyak. Bahkan area parkir membludak sehingga mereka terpaksa harus memarkir kendaraan di luar area mal. Tentu saja, hal ini menyebabkan kemacetan dari kedua arah," ujar Aji dari Orange Pro selaku pelaksana.

Bagi para modifikator, event yang diikuti 41 peserta ini menjadi kerinduan mereka akan atmosfer kompetisi. Saking banyaknya kontestan (untuk ukuran daerah), sampai-sampai mobil yang dilombakan tersebar  di dalam mal.  Peserta tak hanya dari Samarinda, ada pula dari kota tetangga, Balikpapan, bahkan ada yang jauh-jauh datang dari Yogyakarta. Kontes yang memperebutkan 100 piala yang terbagi dalam beberapa kategori  dan aliran, seperti elegan, racing dan ekstrem.

Peningkatan Kualitas

Jika dibandingkan dengan event serupa yang diadakan di kota tetangga Balikpapan, tiga tahun lalu, kreativitas pemodifikator cukup meningkat. Sayangnya, perhatian pada detail dan finishing masih belum terpenuhi dengan baik, sehingga ada peserta yang harus gigit jari karena tak mampu mendapat mahkota King modifikasi terganjal masalah tersebut.

Kendati begitu, peserta tampak sudah berani mengeksplorasi mobil lebih ekstrem khususnya untuk interior. Penciptaan nuansa elegan dengan konsep in car entertainment kerap ditemui dalam mayoritas mobil peserta. Penggunaan material kulit sebagai pendongkrak tampilan mewah yang kreatif dan penggunaan monitor besar menjadi hal lumrah. Tak sedikit pula dari mereka yang merubah struktur bawaan pabrik seperti konfigurasi jok, plafon bahkan dasbor.

Secara keseluruhan, atmosfer kompetisi terbilang cukup ketat antar peserta baik dalam kategori spesifik maupun keseluruhan. Perbedaan nilai yang tipis membuat para juri harus memutar otak lebih keras dan memperhatikan detail secara seksama.

Demo slalom

Peningkatan animo peserta juga terjadi di ajang kontes audio yang merupakan event pendukung. Kelas yang diperlombakan ada 2, Sound Quality (SQ) diikuti 36 peserta dan Sound Pressure Level (SPL) 18 peserta yang dibagi lagi dalam kelas-kelas spesifik.

Hiburan lain yang  tak kalah menarik perhatian pengunjung, demo slalom yang digagas oleh produsen ban lokal GT Radial dengan menampilkan Suzuki APV dan Honda Jazz. Saking antusiasnya, penonton sampai melewati batas aman yang sudah dibuat panitia.  Untungnya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com