Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gangguan Mata Rentan Dialami Wanita

Kompas.com - 03/11/2011, 16:21 WIB

Kompas.com- Mata sering disebut sebagai jendela jiwa. Namun kesehatan mata seringkali diabaikan pemiliknya. Padahal, ada banyak gangguan mata yang tidak bisa dikoreksi oleh kacamata, pengobatan, atau operasi.

Menurut penelitian di Amerika Serikat, gangguan mata lebih banyak dialami oleh wanita. Penyakit mata yang mengintai antara lain retinopati diabetik serta degenerasi makular akibat penuaan.

Ada beberapa penyebab mengapa wanita lebih rentan mengalami gangguan mata:

- Usia harapan hidup wanita lebih panjang dari pria, sehingga mereka lebih mungkin menderita penyakit mata akibat faktor penuaan, seperti katarak atau glaukoma.

- Beberapa gangguan mata lebih sering dialami wanita, misalnya sindrom mata kering yang dipicu oleh penggunaan pil kontrasepsi dan menopause. Mata kering juga bisa terjadi akibat efek samping penyakit lupus, artritis reumatoid, dan multiple sclerosis.

- Fluktuasi hormonal juga berpengaruh pada terjadinya gangguan mata.

Kebanyakan gangguan mata tidak memiliki gejala dan hanya bisa dideteksi melalui pemeriksaan dokter. Karena itu agendakan secara teratur pemeriksaan mata, terutama jika Anda menderita diabetes.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com