Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus itu Menyebar di Sekolah Tanpa Kantin

Kompas.com - 08/11/2011, 13:49 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Virus Hepatitis A yang menyebar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok menyedot perhatian warga. Bagaimana bisa virus menyerang 68 siswa, tiga di antaranya guru dalam waktu dua pekan.

Banyak pihak menduga penyebaran virus tidak lepas dari kondisi lingkungan sekolah dan pola hidup orang di dalamnya. SMKN 2 Depok tidak memiliki kantin di area dalam sekolah. Tempat jajan yang ada semuanya ada di luar pagar sekolah.

Sementara sebagian siswa tidak mengerti pola hidup sehat. "Ada kebiasaan buruk siswa dalam makan dan minum, mereka suka bersama-sama. Misalnya satu botol air mineral, mereka minum beberapa orang. Apalagi mereka membeli minuman dan makanan di warung luar kantor," tutur guru SMKN 2 Depok Dian Kurnia Utami, Selasa (8/11/2011) di Depok.

Kebiasaan buruk ini dilakukan atas dasar solidaritas. Padahal, dengan mengkonsumsi makanan dan minuman bersama-sama mempermudah penyebaran virus. "Kesempatan ini semoga menjadi perhatian pemerintah untuk membantu penyediaan kantin di dalam area sekolah," kata Kurnia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com