Obesitas di Usia 60 Tahun Berisiko Kanker Payudara

Kompas.com - 08/12/2011, 15:52 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Sebuah riset terbaru menunjukkan, perempuan dengan obesitas atau diabetes pada usia lebih 60 tahun berisiko untuk mengidap kanker payudara.

Dalam risetnya, para peneliti mengevaluasi data kesehatan sebanyak 1,5 juta orang yang tinggal di wilayah selatan-barat Swedia untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang risiko kanker.

"Kami melihat semua orang, dan kami menemukan bahwa diabetes pada perempuan dewasa dan obesitas pada perempuan berusia 60 tahun atau lebih secara signifikan meningkatkan risiko kanker payudara," kata Hakan Olsson, profesor dari departemen onkologi dan epidemiologi kanker Lund University.

"Ini adalah informasi yang berguna bagi perempuan yang ingin tahu mengenai risiko mereka dan mencari tahu cara untuk mencegahnya," tambahnya.

Olsson dan rekan meneliti dan mencatat status kesehatan dari 2.724 pasien selama 10 tahun, sebelum akhirnya mereka diketahui mengidap kanker. Dan sebanyak 20.542 pasien telah terdiagnosa dengan kanker payudara.

Mereka menemukan bahwa obesitas yang terjadi pada perempuan setelah usia 60 tahun meningkatkan risiko menderita kanker payudara sebesar 55 persen. "Diperkirakan, 15 dari 100 perempuan obesitas akan menderita kanker payudara," jelas Olsson.

Ia juga menambahkan, perempuan dengan diabetes memiliki risiko 37 persen mengalami kanker payudara jika diabetes mereka telah didiagnosis selama empat tahun sebelum terdiagnosis kanker.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.