Menyetrika Memiliki Efek seperti Meditasi

Kompas.com - 20/12/2011, 14:27 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com Menyetrika pakaian mungkin pekerjaan rumah harian yang sering dilakukan. Meski terkesan biasa, sebenarnya kegiatan ini bisa mengurangi kadar stres. Pasalnya menyetrika ternyata memiliki efek seperti meditasi.

Gerakan perlahan dan berulang saat menyetrika menurut Deb Shapiro, seorang pengajar meditasi, sangat mirip dengan gerakan meditasi karena kita fokus pada satu hal yang dilakukan.

"Bila kita melakukan dengan penuh kesadaran, apa yang selama ini kita anggap membosankan dan biasa ternyata bisa menciptakan kedamaian dan mengusir stres," kata Shapiro yang juga menulis buku Be the Change; How Meditation Can Transform You and the World.

Ia menjelaskan, begitu banyak beban dan emosi yang harus ditanggung alam pikiran setiap hari. Bila tidak pernah dikeluarkan, maka beban ini akan terus kita bawa bertahun-tahun dan bisa menyebabkan stres.  

Meditasi adalah salah satu metode dasar untuk berhenti sejenak dan masuk ke dalam kesadaran. Hal ini bisa dilakukan dalam suasana hening. "Kegiatan menyetrika sama seperti halnya memotong sayuran atau melipat pakaian, bisa menjadi salah satu cara untuk diam sejenak dan masuk ke dalam batin," katanya.

 


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X