Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Ini Foke Datangi Gereja Katedral

Kompas.com - 24/12/2011, 17:46 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo akan mendatangi gereja-gereja di Jakarta pada Sabtu (24/12/2011) malam ini. Kunjungan Foke, sapaan akrabnya, dilakukan dalam rangka pemeriksaan terakhir pengamanan perayaan hari raya Natal yang dilakukan umat Kristiani.

Salah satu gereja yang tak luput dari kunjungan sang Gubernur adalah Gereja Katedral Jakarta. Gereja terbesar yang sudah dibangun sejak tahun 1901 ini selalu didatangi Foke setiap tahunnya menjelang Natal.

Menurut Koordinator Keamanan Gereja Katedral Jakarta, Budi Sukamar, Foke dijadwalkan tiba di Gereja Katedral pada pukul 19.40 WIB. "Informasi terakhir yang didapat nanti malam pukul 19.40 Gubernur akan datang," ucap Budi, Sabtu siang, di Gereja Katedral Jakarta.

Budi menuturkan, Gubernur biasanya hadir untuk memeriksa kesiapan panitia dan aparat keamanan dalam menyelenggarakan Natal. "Dia juga biasanya memberikan sedikit sambutan dan ucapan selamat kepada para jemaat yang akan melakukan misa malam ini," ujar Budi.

Tradisi keliling gereja jelang Natal tersebut sudah biasa dilakukan Foke dari tahun ke tahun selama menjabat sebagai Gubernur DKI. Selain untuk memeriksa pengamanan, kunjungan ini juga menunjukkan rasa toleransi beragama yang dimiliki warga Jakarta.

Pada tahun 2010 lalu, Foke mengunjungi enam gereja dalam sehari. Keenam gereja itu yakni Gereja Katedral di Jalan Katedral, Jakarta Pusat; Gereja GPIB Immanuel di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat; Gereja Mawar Saron kompleks Livera Kelapa Gading, Jakarta Utara; Gereja Kristen Indonesia di Jalan Kayu Putih Raya, Jakarta Timur; Gereja Santo Andreas di Jalan Panjang Green Garden, Kedoya Utara, Jakarta Barat; serta Gereja Katolik Stephanus Cilandak, Jalan Cilandak Raya, Jakarta Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com