Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ny Ani Yudhoyono Sakit Tifus

Kompas.com - 30/12/2011, 04:52 WIB

Jakarta, Kompas - Ketua Tim Dokter Kepresidenan Aris Wibudi menyatakan, Ny Ani Yudhoyono menderita demam tifoid atau tifus. Aris belum bisa memprediksi hingga kapan iadirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto.

”Ibu Negara dirawat di RSPAD Gatot Subroto sejak 27 Desember 2011 pukul 15.00, dengan diagnosis demam tifoid. Saat ini kondisi Ibu Negara masih demam, hilang timbul, tetapi secara klinis menunjukkan perbaikan yang berarti,” kata Aris kepada pers, Kamis (29/12).

Aris enggan memerinci penyebab sakitnya Ny Ani Yudhoyono. Saat ditanya kapan Ny Ani bisa meninggalkan rumah sakit, Aris menyatakan tidak bisa memprediksi. ”Tergantung klinisnya, tetapi kelihatannya kemajuannya cukup baik,” katanya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang datang menggunakan mobil kepresidenan bernomor B 1909 RFS, menjenguk Ny Ani sekitar pukul 09.40.

Sehari sebelumnya, Presiden melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dan baru tiba kembali di Jakarta menggunakan kereta api pada Kamis sekitar pukul 04.00.

Dalam kunjungan kerja itu, Presiden dijadwalkan meresmikan dimulainya proyek pembangunan di PT Pertamina Refinery Unit IV, meresmikan pengoperasian tiga PLTU, serta bertemu dengan petani.

Namun, agenda bertemu dengan petani urung terlaksana dan rombongan Presiden meninggalkan Cilacap dengan menggunakan kereta api, Rabu sekitar pukul 21.00.

Rencana kunjungan kerja Presiden yang berlangsung pada 29 Desember 2011 hingga 1 Januari 2012 juga urung terlaksana. Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha menyatakan, dengan kondisi Ny Ani yang sakit, acara Presiden di Bandung, Jawa Barat, dibatalkan.

”Sejauh ini, belum ada rencana lagi untuk melakukan kunjungan kerja ke Bandung,” kata Julian menjelaskan.

Presiden menjenguk Ny Ani selama lebih kurang empat jam dan meninggalkan RSPAD Gatot Subroto sekitar pukul 13.30. Sebelum memasuki mobil kepresidenan, Presiden meminta doa bagi kesembuhan istrinya. ”Mohon doa restunya, semoga (Ny Ani Yudhoyono) cepat membaik,” kata Presiden. (why)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com