Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Tatapan Tajam Laba-laba Lompat

Kompas.com - 31/01/2012, 17:56 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

OSAKA, KOMPAS.com - Laba-laba lompat tak memiliki jaring-jaring seperti laba-laba umumnya. Mereka menangkap mangsa dengan melompat menerkamnya. Karena alasan ini, maka laba-laba ini harus punya mata tajam.

Ilmuwan telah lama bertanya-tanya bagaimana laba-laba ini melihat objek. Kini, ilmuwan asal Jepang berhasil menguak rahasia tatapan tajam laba-laba tersebut.

Berdasarkan penelitian, laba-laba lompat melihat objek dengan teknik defokus citra. Dengan teknik ini, objek yang letaknya jauh akan tampil blur sementara yang dekat tampak tajam. Laba-laba lompat adalah satu-satunya satwa yang menggunakan teknik ini.

Peneliti yang terlibat riset ini adalah Takashi Nagata dan Mitsumasa Koyanagi dari Osaka City University. Mereka memublikasikan hasil penelitian di jurnal Science minggu ini.

Untuk mendapatkan hasil studi, peneliti mempelajari empat lapisan retina pada mata laba-laba. Peneliti menemukan bahwa cahaya warna hijau tak pernah fokus ke satu lapisan, tetapi selalu fokus di lapisan lain.

"Jadi laba-laba menangkap gambar yang tajam dan yang blur lalu membandingkannya untuk memperkirakan jarak objek," kata Konayagi seperti dikutip New York Times, selasa (31/1/2012).

Berdasarkan jarak, laba-laba menentukan sejauh mana akan mengerahkan energi serta melompat.

"Ini semua dilakukan real time. Jadi dengan mempelajari ini, kita mungkin bisa mengembangkan visual komputer yang lebih baik," ungkap Konayagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com