Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pegal dan Mencret Akibat Stres Psikologis

Kompas.com - 16/02/2012, 11:17 WIB

TANYA :

Salam kenal Dokter. Saya Fika, mahasiswa usia 22 tahun yang sedang mengerjakan tugas akhir. Beberapa waktu ini, saya merasakan gejala pegal di kaki sebelah kanan hanya waktu-waktu tertentu (maghrib-pagi), buang air besar cenderung cair, tidak nafsu makan sehingga berat badan saya turun bebereapa kilogram. Ujung kulit jari-jari tangan mudah berkerut bila mandi/terkena air, terkadang suka sakit kepala. Kira-kira apa penyakit saya ini ya dokter? Apakah mungkin efek psikologis karena stres akibat mengerjakan tugas akhir? Terima kasih sebelumnya.

(Fika, 22, Yogyakarta)


JAWAB :


Hallo Fika yang baik,

Untuk mengkonfirmasi apa yang dialami Fika tentu ada baiknya memeriksakan diri ke dokter dulu. Walaupun gejala-gejala fisiknya memang kelihatannya tidak khas untuk gangguan kesehatan medis tertentu, tetapi pemeriksaan fisik yang baik oleh dokter harus dilakukan untuk mengkonfirmasikan apa yang dialami. Hal ini agar benar-benar yakin bahwa kondisi yang dialami adalah berhubungan dengan stres psikologis seperti yang dikira oleh Fika.

Stres psikologis yang berlangsung lama dengan kualitas yang cukup besar memang sering kali akan dapat mengaktifkan sistem saraf otonom di tubuh kita. Gejala-gejala yang terkait dengan pengaktiftan sistem saraf ini misalnya jantung berdebar, perasaan tidak nyaman di perut, kembung, ingin buang air yang kadang agak mencret, rasa tidak nyaman bila bernapas, keluhan pegal-pegal di sekitar alat gerak tubuh (kaki dan tangan) serta nyeri (termasuk nyeri kepala).

Gejala-gejala ini secara awam dikenal dengan istilah keluhan psikosomatik di mana gejala fisik muncul akibat kondisi aktifitas psikologis yang mengaktifkan sistem di otak.

Kebanyakan kondisi ini akan kembali baik jika pemicu stresnya sudah hilang, misalnya Fika sudah lulus ujian. Saat ini yang bisa dilakukan adalah menyeimbangkan waktu istirahat dengan waktu belajar Fika. Tidur yang cukup dan usahakan ada waktu untuk relaks misalnya dengan mandi air hangat, menikmati hobi atau mendengarkan musik yang nyaman. Bisa juga melakukan meditasi dan relaksasi.
Semoga keluhannya segera hilang dan sukses untuk tugas akhirnya.

Salam Sehat Jiwa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com