Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Kontrasepsi Pertama di Indonesia Diluncurkan

Kompas.com - 24/02/2012, 13:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, Jumat (24/2/2012) sejumlah lembaga seperti BKKBN, Asia Pacific Council of Contraception (APCOC), Perkumpulan Obestetrik dan Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI) serta PT. Bayer Indonesia secara resmi meluncurkan situs tentang kontrasepsi www.bicarakontrasepsi.com.

Direktur PT Bayer Indonesia Allen Doumit mengatakan bahwa situs jenis ini belum pernah ada di Indonesia sebelumnya dan dimaksudkan untuk mempercepat penyebaran informasi tentang kontrasepsi secara lengkap, akurat dan terpercaya.

"Percepatan penyebaran informasi tentang kontrasepsi di Indonesia saat ini penting untuk segera dilakukan mengingat angka kelahiran, angka kehamila yang tidak diinginkan serta angka kematian ibu saat persalinan masih sangat tinggi," katanya saat acara press conference bertema 'Pentingnya Mempercepat Penyebaran Informasi tentang Kontrasepsi', Jumat, (24/2/2012) di Jakarta.

Allen mengatakan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Bayer Health Care pada 2011 melibatkan 9 negara termasuk Indonesia, dengan total responden 1800 orang (200 di antaranya berasal dari Indonesia), menunjukkan, sebesar 30 pesen responden di mendapat informasi yang keliru mengenai kontrasepsi.

Survei juga menunjukkan bahwa sebesar 62 persen masyarakat usia dewasa muda mengaku bahwa mereka mendapat informasi yang salah mengenai kontrasepsi dari teman dan internet.

"Hasil survei menunjukkan bahwa internet merupakan sumber informasi utama yang paling penting bagi responden (53 persen) untuk mengetahui kontrasepsi," ungkapnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Badan kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr. dr. Sugiri Syarief mengaku antusias dan mendukung keberadaan situs ini. Sugiri berharap, situs tersebut dapat menjadi solusi yang tepat bagi masyarakat guna mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya mengenai kontrasepsi.

"Dengan kecepatan serta kemampuan menjangkau masyarakat yang luas, www.bicarakontrasepsi.com ini diharapkan dapat membantu menekan laju pertambahan penduduk dan juga mengurangi angka kematian ibu di Indonesia," tegasnya.

Melalui web ini masyarakat disuguhkan beragam informasi yang terdiri dari:

1. Women and contraception (Wanita dan Kontrasepsi): Halaman ini berisi seputar informasi mengenai sistem reproduksi, siklus mentruasi dan proses pembuahan. Selain itu, pada laman ini Anda juga akan memperoleh informasi tentang beragam jenis kontrasepsi mulai dari pengenalan kontrasepsi (sejarah), cara pemakaian, dan penjelasan terkait perbedaan antara kontrasepsi hormonal dan non hormonal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com