Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Stasiun KA Akan Bebas dari Asap Rokok

Kompas.com - 15/03/2012, 10:41 WIB
Ratih Prahesti Sudarsono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com  Semua stasiun kereta api, khususnya di wilayah Jabodetabek, sesegera mungkin akan menjadi wilayah yang bebas dari asap rokok. Larangan merokok di lingkungan stasiun dan gerbong kereta dipelopori di Stasiun Besar Bogor. Tidak tertutup kemungkinan, dilakukan juga operasi justicia untuk mewujudkan kondisi tersebut.

"Semua stasiun akan dan harus bebas asap rokok, khususnya di wilayah Jabodetabek. Apalagi sudah ada perarturan daerah, seperti di DKI Jakarta dan Kota Bogor, yang mengatur tentang kawasan tanpa rokok," tutur Kepala Humas Daop 1 PT KAI Mateta Rijalulhaq, Kamis (15/3/2012) pagi.

Kampanye stasiun dan gerbong KA dimulai dari Stasiun Besar Bogor, lanjutnya, karena stasiun tersebut adalah stasiun awal keberangkatan dan kedatangan pengguna jasa angkutan KA. Per harinya rata-rata 30.000 orang calon penumpang menaiki KRL dari stasiun ini.

Ia menuturkan, selain memasang spanduk dan stiker tanda larangan merokok, pihaknya juga akan bekerja sama dengan komunitas-komunitas yang sejalan dengan program PT KAI itu.

Mateta juga memastikan tidak tertutup kemungkinan pihaknya bekerja dengan pemda dan instansi terkait untuk melaksanakan operasi justicia terkait perda larangan merokok di sembarang tempat atau kawasan publik.

"Untuk mewujudkan lingkungan stasiun bersih dan bebas dari asap rokok, kami akan berupaya apa saja yang memungkinkan terwujudnya kondisi itu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com