Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluhan Cemas dan Halusinasi

Kompas.com - 28/03/2012, 07:46 WIB

TANYA :

Dokter, saya ingin mengeluhkan beberapa hal. Pertama, saya seringkali dilanda rasa cemas yang datang tiba-tiba. Dan setiap cemas itu datang, saya ketakutan dan kalut. Terkadang saya menjadi sangat murung atau bahkan meledak-ledak seperti menangis-nangis tak karuan, bahkan terkadang sampai melakukan hal yang tidak-tidak yang mungkin agak berbahaya. Kalutnya bukan main. Biasanya saya merasa kelelahan dan terkadang sesak nafas. Saya juga sering mengalami susah tidur. Atau terbangun tengah malam, biasanya pada pukul 02.00 dini hari. Kadang saya melihat bentuk-bentuk aneh, seperti semalam saya melihat ada laba-laba besar yang sedang bergerak-gerak di depan saya, sehingga membuat saya ketakutan dan sulit tidur. 

Kondisi ini sudah terjadi cukup lama. Hal tersebut juga membuat saya sulit mendapatkan fokus. Saya takut terjadi apa-apa pada diri saya. Yang kedua, setiap saya sedang dalam keadaan seorang diri, misalnya di dalam kamar, saya sering seperti berbicara sendiri. Saya merasa banyak orang di sekitar saya. Saya seperti bermain dalam cerita sendiri. Setelah kondisi itu hilang, biasanya saya merasa takut dan tidak karuan. Anehnya saya masih sadar bahwa saya melakukan hal itu, dan saya merasa sangat nyaman dalam kondisi tersebut. Saya juga tidak pandai dalam bergaul. Saya merasa takut jika harus bergaul dengan orang-orang. Saya merasa tidak nyaman. Yang ada di pikiran saya adalah mereka pasti membenci saya. Ada seorang teman yang berkata bahwa dia melihat saya seperti seorang yang menutup diri dan takut pada orang lain. Sebenarnya apa yang terjadi pada diri saya? Sempat saya berpikir, apa iya saya harus mendatangi psikolog? Saya tidak yakin, karena saya masih merasa baik-baik saja, walaupun memang cukup mengganggu. Lalu, apa yang harus saya lakukan, Dok? Terimakasih sebelumnya.

(AW, 24, Bandung)

AW yang baik,

Saya melihat ada beberapa gejala kondisi kejiwaan yang terdapat pada diri saudara. Pertama adalah adanya keluhan kecemasan yang sangat yang kadang datang tiba-tiba. Kondisi ini biasanya membuat anda menjadi kalut dan tidak mampu menguasai diri. Kondisi ini juga seringkali disertai oleh gejala-gejala fisik seperti kelelahan, sesak napas dan sulit tidur. Kedua yang anda keluhakan adalah kesulitan dalam membedakan mana kondisi nyata atau tidak.

Hal ini yang anda katakan sebagai merasa banyak orang di sekitar anda walaupun tidak ada, kemudian seperti berada di dunia anda sendiri yang mempunyai cerita kehidupan sendiri juga. Gejala seperti yang dikeluhkan AW sepertinya mengarah pada suatu jenis gangguan jiwa  yang disebut skizofrenia. Orang yang mengalami ini biasanya kesulitan untuk menilai realita yang biasanya ditandai dengan adanya perasaan bingung, halusinasi dengar dan juga adanya keyakinan yang salah tentang diri dan lingkungan.

Kondisi ini juga biasanya didahului atau dilatarbelakangi oleh kondisi kepribadian yang tertutup seperti yang dikatakan oleh AW. Kecemasan yang dialami seperti yang diceritakan AW memang bisa terjadi pada pasien dengan kondisi ini.

Saran saya adalah AW harus ke psikiater untuk berobat. Diagnosis pastinya akan psikiater terangkan kepada AW dan pengobatan yang tepat akan dilakukan. Lebih baik cepat-cepat berobat sebelum semuanya menjadi telanjur karena pada beberapa pasien seringkali kehidupan fantasinya tersebut yang akhirnya menguasai dirinya dan dia semakin jauh dari lingkungannya. Semoga membantu. Salam Sehat Jiwa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com