Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Birokrasi Cenderung Boroskan Anggaran

Kompas.com - 14/05/2012, 12:37 WIB
FX. Laksana Agung S

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Birokrasi cenderung boros. Ada tiga modus setidaknya dalam hal pemborosan anggaran pemerintah.

Demikian disampaikan Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance Didik J Rachbini di Jakarta, Senin (14/5/2012).

Menurut Didik, birokrasi cenderung memboroskan anggaran karena sifat dasar birokrasi adalah menggunakan anggaran sebesar-besarnya atau budget maximizers dan program sebanyak-banyaknya.

"Jika sistem demokrasi baik, fungsi pengawasan baik, serta didukung media yang transparan, maka alokasinya akan efisien. Jika sebaliknya, maka akan ada pemborosan sebagai konsekuensi logis dari sifat dasar birokrasi tersebut," kata Didiek.

Modus pemborosannya, menurut Didiek, setidaknya melalui tiga cara. Pertama, pemborosan melalui perencanaan yang tidak tepat dan saksama sehingga alokasinya tidak tepat dan sembarangan. Kedua, pemborosan melalui mekanisme implementasi mulai dari tender sampai dengan pelaksanaan yang bisa diatur dan sering menyimpang.

Ketiga adalah model pemborosan dengan sengaja mulai penggelembungan anggaran, korupsi mutu pekerjaan di lapangan, dan korupsi dalam arti luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com