Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nutrisi dalam Susu Baik untuk Kehamilan dan Janin

Kompas.com - 07/06/2012, 10:35 WIB

KOMPAS.com - Susu kaya akan nutrisi penting bagi kehamilan. Apalagi saat ini banyak beredar susu untuk ibu hamil, yang komposisinya disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil. Apa sajakah nutrisi yang terkandung dalam susu tersebut? berikut di antaranya:

* Protein

Fungsi protein adalah membangun dan memperbaiki jaringan tubuh (otot, tulang, mata, kulit, jantung, dan hati), membantu pembentukan darah, cairan ketuban dan plasenta serta membentuk antibodi. Sumber protein selain susu: kacang-kacangan, tahu.

* Kalsium
Zat kalsium berfungsi membentuk tulang dan gigi bayi, mempersiapkan ASI, membekukan darah, menjaga kalsium itu sendiri, karena jika bumil tidak mengonsumsi kalsium yang cukup, janin akan mengambil kebutuhan kalsium dari tubuh ibu yang dapat menyebabkan ibu berisiko terhadap osteoporosis. Sumber zat kalsium selain susu adalah keju, sayuran hijau, ikan.

* Vitamin D
Vitamin D berfungsi membantu penyerapan kalsium dalam darah untuk pembentukan tulang dan jaringan sel janin. Sumber vitamin D selain susu: kuning telur, ikan tuna, sinar matahari pagi selama 15 menit.

* Zat besi
Zat besi berfungsi membentuk sel darah merah pada ibu dan janin untuk mencegah anemia, penting bagi perkembangan otak janin. Sumber selain susu: daging (sapi, ayam, ikan), telur, kacang-kacangan, tiram, sereal, roti, dan sayuran hijau.

* Vitamin A
Vitamin A berfungsi membantu pembentukan tulang dan jaringan dalam bayi (gigi, rambut, kuku, penglihatan), membentuk enemel pada gusi, membentuk pertahanan terhadap infeksi. Sumber lain selain susu: buah-buahan, sayuran, kuning telur, mentega.

* Asam folat
Asam folat (foic acid) membantu mengurangi risiko bayi lahir dengan catat seperti kelainan tulang belakang (spina bifida). Sumber selain susu: brokoli, kol, kacang-kacangan, dan jeruk.

* Omega 3
Asam lemak omega 3 penting membantu perkembangan sistem saraf janin. Sebuah penelitian menyatakan, konsumsi lemak omega 3 selama hamil, akan membuat bayi cerdas. Sumber selain susu: ikan sarden, mackerel dan salmon. Biji-bijian seperti biji labu kuning dan biji bunga matahari.

(Tabloid Nakita/Hilman Hilmansyah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com