Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkokesra: Infrastruktur Sail Morotai Siap Bulan Depan

Kompas.com - 09/07/2012, 23:04 WIB
Aditya Revianur

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono optimistis jika kesiapan infrastruktur untuk menunjang pelaksanaan Sail Morotai bisa rampung akhir Agustus depan. Dengan rampungnya infrastruktur tersebut dapat dijamin bahwa Sail Morotai tidak akan mengalami penundaan.

"Saya beberapa hari lalu sudah ke sana (Morotai) dengan Menhub dan Staf PU. Saya optimistis bahwa infratruktur dapat selesai akhir Agustus depan," ujar Agung Laksono, Menkokesra di Jakarta, Senin (9/7/2012).

Agung juga turut menambahkan bahwa infrastruktur pendukung Sail Morotai berupa penginapan sudah disediakan sebanyak 400 penginapan. Dirinya mengungkapkan bahwa jika dulu masyarakat sekitar menolak keberadaan penginapan, begitu melihat penginapan di desa tetangga dibangun maka masyarakat di desa yang dulunya menolak menjadi tertarik untuk dibangunkan juga penginapan di desanya.

"Dulu masyarakat menolak untuk dibuatkan penginapan di desanya tapi setelah melihat desa tetangga dibuatkan tempat penginapan, mereka berebut," tambahnya.

Agung turut pula mengungkapkan bahwa pihak panitia Sail Morotai telah sediakan sebanyak 2 kapal terapung dari Angkatan Laut Wilayah Timur dan Pelni. Selain itu juga disediakan sejumlah tenda karena Hotel Berstandar Bintang hanya ada di Manado dan Ternate. Dari hotel berbintang tersebut untuk mencapai Morotai harus menggunakan pesawat terbang yang menempuh satu jam perjalanan.

Sebelumnya Kabupaten Pulau Morotai dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan kegiatan kelautan bertaraf internasional, karena daerah itu memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, terutama di sektor kelautan dan pariwisata. Presiden meminta menteri terkait melaksanakan sail di daerah yang berada di ujung tombak perbatasan Indonesia, seperti Kepulauan Morotai yang berhadapan langsung dengan Filipina.

Rencananya Sail Morotai akan digelar pada 8 September 2012 dengan agenda acara puncak parade kapal perahu dari beberapa negara peserta sail. Pagelaran Sail dilakukan setiap tahun, sebelumnya Sail Bunaken pada 2009, Sail Banda (2010), Sail Wakatobi (2011) dan Sail Morotai (2012), serta rencananya Sail Komodo pada 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com