Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

78 Kapal Peserta Sail Menuju Kupang

Kompas.com - 26/07/2012, 20:35 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Sebanyak 78 kapal peserta Sail Morotai 2012, menuju Kupang, NTT. Kapal dan awaknya itu berasal dari 41 negara.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya NTT, Abraham Klakik, di Kupang, Kamis (26/7/2012), mengatakan, jumlah perahu (yacht) hampir 200 unit, tetapi terbagi dua jalur yakni dari Darwin menuju Kupang. Ada yang langsung ke Kepulauan Morotai. Ada pula dari Darwin ke Kupang, menyinggahi sejumlah obyek wisata dan budaya.

Para awak tetap tidur di dalam kapal, tetapi ada juga yang menginap di darat. Kehadiran mereka di NTT mulai 28 juli 2012.

Di NTT sekitar 390 peserta sail akan singgah di Kupang, Alor, Lembata, Larantuka, Maumere, Ende, Ngada, dan Labuan Bajo.

Perjalanan dilanjutkan ke Lombok, sampai Denpasar, kemudian mengarah ke laut Jawa dan sebagian ke arah Batam, dan bertemu di Singapura bersama rombongan dari Morotai.

Selama di Indonesia peserta sail akan dijamu pejabat pemprov, pemkot, dan pemkab di setiap titik yang disinggahi.

Mereka juga diberi kemudahan untuk mengisi bahan bakar minyak, perlindungan keamanan, dan bebas dari retribusi kecuali ketentuan yang sudah baku.

Melalui Sail Morotai, Sail Komodo 2013 pun akan dipersiapkan dan digemakan ke dalam dan luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com