Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2012, 08:05 WIB

KOMPAS.com- Peneliti berhasil menumbuhkan pembuluh darah halus di laboratorium menggunakan sel punca lemak dari penyedotan lemak. Hal itu berperan penting dalam operasi transplantasi, terutama bedah bypass jantung.

Dalam operasi bypass, transplantasi pembuluh darah digunakan untuk mengubah rute darah di sekitar pembuluh darah arteri yang tersumbat. Sel punca yang diekstrak dari lemak ”dibiakkan” di atas membran kolagen tipis. Begitu sel berlipat ganda, peneliti menggulungnya hingga menyerupai ”tabung” dengan diameter sesuai ukuran pembuluh darah halus.

Dalam empat minggu, mereka mampu menumbuhkan pembuluh darah. ”Masih dibutuhkan waktu 5-10 tahun sebelum hasil studi ini dapat dimanfaatkan manusia,” kata Matthias Nollert, peneliti dari University of Oklahoma School of Chemical, Biological, and Material Engineering, yang terlibat studi itu, seperti dikutip HealthDay, Kamis (26/7). (HealthDay/INE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com