Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2012, 13:19 WIB

KOMPAS.com - Anak seharusnya mendapatkan perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan pelecehan. Kekerasan fisik dan juga pelecehan seksual yang dialami anak-anak akan menimbulkan dampak seumur hidupnya.

Dalam rriset teranyar juga diungkapkan bahwa kekerasan dan pelecehan seksual pada anak dapat mempercepat atau bahkan menunda seorang anak mengalami menarche (haid pertama kali), khususnya pada perempuan.

Demikian disampaikan Renee Boynton-Jarrett, MD, asisten profesor pediatri di Boston University School of Medicine (BUSM). Temuan ini dipublikasikan secara online dalam Journal of Adolescent Health.

Dalam kajiannya Boynton-Jarrett berhasil menemukan peningkatan 49 persen dalam risiko menarche dini (menstruasi sebelum usia 11 tahun) di antara perempuan yang mengaku pernah mengalami pelecehan seksual di masa kanak-kanak.

Ia juga menemukan ada peningkatan 50 persen risiko untuk keterlambatan haid (menstruasi setelah usia 15 tahun) di antara perempuan yang masa kecil pernah mengalami kekerasan fisik. Kesimpulan tersebut diambil setelah penelitian menganalisa sebanyak 68.505 perempuan yang terdaftar dalam Nurses Health Study II.

"Kekerasan pada anak dapat memengaruhi kapan seorang anak mendapatkan menstruasi pertamanya. Hubungan ini bervariasi menurut jenis penyalahgunaan, yang menunjukkan bahwa kekerasan terhadap anak tidak memiliki efek yang homogen pada hasil kesehatan," kata Boynton-Jarrett.

"Butuh penelitian lebih kanjut untuk mengeksplorasi karakteristik pelecehan anak yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan termasuk diantaranya jenis, waktu dan tingkat keparahan kekerasan, serta dalam konteks sosial di mana penyalahgunaan itu terjadi," tambahnya.

Kekerasan terhadap anak selama ini telah dikaitkan dengan beban kesehatan yang signifikan selama hidup. Mendapat haid di usia terlalu dini telah dikaitkan dengan risiko seperti penyakit jantung, disfungsi metabolik, kanker dan depresi, sedangkan keterlambatan mendapat haid dikaitkan dengan kepadatan mineral tulang yang lebih rendah dan depresi.

"Kita harus bekerja menuju pemahaman yang lebih baik bagaimana kekerasan pada anak dapat memengaruhi kesehatan dan menerjemahkan hasil penelitian ke dalam praktek klinis dan strategi kesehatan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan korban pelecehan anak," tambah Boynton-Jarrett.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com