Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPIH Kalsel Diharapkan Tingkatkan Pelayanan Haji

Kompas.com - 07/09/2012, 20:43 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Panitia penyelenggaraan ibadah haji (PPIH) Kalimantan Selatan diharapkan terus meningkatkan pelayanan kepada seluruh jemaah haji, sehingga pelaksanaan haji terselenggara dengan baik.

Gubernur Kalsel, Rudy Ariffin, di Banjarmasin, Jumat (7/9/2012), mengatakan, dengan dilantiknya 23 koordinator PPIH maka Kalsel sudah bisa dinyatakan siap untuk menyelenggarakan pemberangkatan haji, hingga menerima kembali seluruh jamaah saat pulang dari Tanah Suci.

"Persiapannya memang belum 100 persen. Ada beberapa hal yang belum diselesaikan antara lain adalah masalah paspor dari Imigrasi. Namun pada saat pemberangkatan pada 25 September nanti, seluruhnya sudah siap," kata Rudy.

Menurut Rudy, tugas PPIH berdasarkan keputusan Dirjen Penyelanggaran Haji dan Umrah, di antaranya merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan pelayanan pemberangkatan, serta pemulangan jemaah haji pada embarkasi. Di samping itu, PPIH juga bertanggung jawab dan melaporkan pelaksanaan tugas kepada Dirjen Haji.

Terkait menu makanan, kata Rudy, pada dasarnya sudah cukup baik. Namun untuk nasi, diharapkan panitia bisa menyediakan beras unus, karena beras jenis itu yang biasa dikonsumsi warga Banjar.

"Kalau ini hanya masalah kebiasaan. Katanya asalkan nasinya dari beras unus, ikannya apa saja tidak masalah," kata Rudy.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel, Abdul Halim Akmad, menambahkan, pelayanan haji khususnya di daerah kini terus dilakukan perbaikan, baik pelayanan saat akan berangkat atau saat di asrama hingga pelaksanaan di tanah suci.

"Saya berharap seluruh kekurangan pelayanan tahun-tahun sebelumnya bisa diperbaiki saat ini, sehingga setiap tahun pelayanan terus semakin baik dan meningkat," katanya.

Menurut Halim, 23 orang koordinator PPIH tersebut akan dibantu sebanyak 60 orang anggota PPIH, sehingga diharapkan seluruh jemaah haji bisa terlayani dengan baik.

Terkait pelunasan BPIH tahap kedua sampai tanggal 5 September 2012  masih tersisa 48 orang dari kuota 3.811 orang.

Diharapkan hingga batas akhir pelunasan BPIH hari ini bisa terpenuhi. Jika tidak, akan dikembalikan ke pusat dan selanjutnya daerah hanya menunggu kebijakan pusat.


Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com