Kompas.com - 08/09/2012, 17:20 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Gangguan tidur diduga kuat menjadi gejala awal penyakit Alzheimer. penyakit yang ditandai dengan penurunan daya kognitif berat pada pasien itu biasanya terjadi pada orang berusia di atas 60 tahun.

Kesimpulan awal akan kaitan penyakit alzheimer dengan gangguan tidur itu didapatkan para peneliti yang melakukan riset terhadap mencit.

Plak protein di otak merupakan komponen kunci yang memicu terjadinya alzheimer. Dalam penelitan, plak tersebut pertama kali muncul ketika mencit mengalami gangguan tidur.

Pencarian gejala awal alzheimer sangatlah penting untuk mencari cara pengobatan penyakit yang bisa membuat penderitanya lupa berbagai hal itu, termasuk anggota keluarganya sendiri.

Selama ini pasien alzheimer tidak menunjukkan adanya gangguan dengan daya ingat mereka sampai penyakitnya tiba-tiba memburuk. Pada poin tersebut, beberapa bagian otak sudah hancur sehingga penyakitnya tidak dapat disembuhkan.

Para dokter sejauh ini baru bisa memperlambat penyakitnya. Karena itu para ilmuwan terus berusaha mengetahui sedini mungkin kemunculan penyakit ini.

Salah satu area otak yang diteliti adalah plak di beta amyloid yang terbentuk di otak. Kadar protein beta amyloid secara alami akan meningkat dan menurun dalam 24 jam.

Akan tetapi pada pasien alzheimer, protein tersebut secara permanen menjadi plak.

Penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Washington menunjukkan, tikus yang sering begadang tidur siang selama 40 menit. Namun, ketika mulai terbentuk plak di otak mereka, jam tidurnya berkurang menjadi 30 menit.

"Jika gangguan tidur itu merupakan tanda awal terjadinya alzheimer pada manusia, maka perubahan itu bisa memudahkan dokter untuk mendeteksinya sedini mungkin," kata Prof.David Holtzman yang melakukan riset.

Kendati begitu apa yang terjadi pada tikus percobaan belum tentu sama pada manusia. Karena itu dalam waktu dekat para ilmuwan akan melakukan penelitian pada manusia.

Sebelumnya juga ada beberapa penelitian yang mengaitkan antara perubahan pola tidur dengan penurunan kemampuan berpikir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.