Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Perlengkapan Haji di Tanah Abang Meningkat

Kompas.com - 11/09/2012, 00:29 WIB
Adri Prima

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang keberangkatan haji, para calon jemaah haji sudah berbondong-bondong membeli segala perlengkapan haji di pusat grosir perlengkapan muslim Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (10/9/2012). Penjualan beberapa grosir di Tanah Abang pun jauh meningkat dari hari-hari biasanya.

Toko Haji Wajad, salah satunya, menjual berbagai perlengkapan haji seperti pacar bubuk, ihram (pakaian haji), minyak wangi dan tasbih. Ada juga toko Patho Pang yang menjual sendal, sepatu, ihram buatan Turki, kaos kaki, dan peci.

"Lumayan sudah mulai banyak yang beli, rata-rata belinya eceran," ujar Anggi, pedagang di toko Pattho Pang di Pusat Grosir Tanah Abang, Senin (10/9/2012).

Hal yang sama juga dialami Toko Dhafa Collection. Toko ini lebih fokus menjual Ihram atau pakaian haji untuk pria dan juga wanita. "Di sini harga Ihram berkisar dari Rp 110.000 hingga Rp 260.000. Biasanya untuk ibadah haji, satu orang itu minimal butuh 6 ihram untuk kebutuhan selama 40 hari," kata Riza, pedagang Toko Dhafa Collection.

Untuk kebutuhan ihram tersebut satu orang jemaah wanita minimal bisa mengeluarkan uang sebesar Rp 2 juta rupiah hanya untuk baju ihram, sedangkan satu jemaah pria sekitar Rp 1,5 juta.

"Sebelum puasa Ramadhan juga sudah ramai. Ada yang beli grosiran ada juga yang eceran, tapi untuk di sini paling banyak grosiran. Kalau harga tiap tahun memang pasti ada kenaikan," ujarnya.

Berdasarkan kalender haji tahun 2012, pada tanggal 20 September nanti, para calon jemaah kloter awal sudah mulai memasuki asrama haji. Sedangkan Hari Raya Idul Adha atau lebaran Haji ditetapkan pada tanggal 26 Oktober 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com