Kompas.com - 14/09/2012, 10:40 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Prof, saya mau bertanya . Apakah baik jika sperma ditahan agar tidak jadi keluar, misalnya  saat hendak mencapai klimaks dimana sperma semestinya keluar tapi ditahan supaya tidak keluar? Itulah yang saya alami Prof.. Saya tidur dan bermimpi porno, dimana efeknya akan mimpi basah, ketika sperma nya mw keluar, saya bangun dan berusaha supaya sperma tersebut tidak jadi keluar.  Padahal seharusnya memang harus keluar karena sudah mencapai klimaksnya..Apakah hal tersebut baik atau berakibat fatal Prof..? Terimakasih Prof atas jawabannya.

(Roni, 28, Medan)

JAWAB :

Ejakulasi atau keluarnya sperma terjadi bersamaan dengan orgasme. Tetapi ejakulasi dan orgasme adalah dua peristiwa yang berbeda, bukan satu peristiwa. Kalau ketika merasakan orgasme, Anda menahan agar ejakulasi tidak terjadi, itu bukan masalah. Tidak ada akibat buruk apapun yang akan terjadi karena menahan terjadinya ejakulasi.

Tetapi juga tidak ada gunanya menahan agar tidak terjadi ejakulasi. Jadi tidak ada manfaat apapun dengan menahan agar tidak terjadi ejakulasi. Namun cara mengontrol ejakulasi merupakan salah satu cara untuk mengatasi ejakulasi dini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.