Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbukti...Lahan Sempit Malah Bikin Kreatif!

Kompas.com - 24/09/2012, 19:36 WIB

KOMPAS.com - Berkebun dapat menjadi salah satu kegiatan alternatif bagi Anda mengisi waktu luang. Selain itu, berkebun juga terbukti dapat menghindarkan Anda dari stres.

Berkebun tidak selalu memerlukan lahan luas. Kini, hanya dengan memanfaatkan pot, Anda dapat mengakali lahan terbatas di rumah Anda.

Sayangnya, bagi para pemula, kegiatan berkebun biasanya justru membawa masalah baru. Umumnya pemula cenderung lebih berkonsentrasi pada pemenuhan alat-alat berkebun, pot, tanah, dan pupuk yang mahal. Padahal, barang-barang bekas di rumah pun dapat dijadikan wadah atau pot unik bagi tanaman.

Ya, Anda tidak memerlukan banyak uang, melainkan hanya perlu sedikit kreativitas dan banyak selera humor. Simak beberapa contohnya berikut ini:

Pot dari sepatu

Beberapa tanaman dapat tumbuh di mana saja. Salah satu tanaman yang kuat dan dapat tumbuh di mana saja itu adalah tanaman Sukulen. Namun, jangan salah, Sukulen itu bukan Kaktus. Walaupun Kaktus merupakan bagian dari Sukulen, namun tidak semua Sukulen adalah Kaktus.

Sukulen minim perawatan. Ia tumbuh perlahan dan hanya membutuhkan sedikit ruang dan sedikit air. Karena itulah, wadah tidak biasa seperti sepatu bekas dapat menjadi tempat cocok bagi Sukulen.

Blok semen

Selain sepatu, Sukulen juga dapat Anda tanam di pot semen. Caranya, isi bagian rumpang pada blok semen dengan tanah dan tanam beberapa jenis Sukulen.

Air mancur

Karena karakter Sukulen yang tidak cepat merusak konstruksi, bahkan Anda dapat menanam Sukulen di dinding rumah Anda. Ide lain, gunakan air mancur tidak terpakai di rumah Anda sebagai pot.

Barang seni

Gunakan juga barang-barang seni yang sedikit rusak, gompal, atau tidak ingin Anda pajang lagi di dalam rumah sebagai pot Sukulen. Anda dapat memanfaatkan topeng, patung, atau guci untuk menjadi pot Sukulen Anda. Caranya, penuhi saja dengan tanah, dan tanam Sukulen Anda di sana.

Ember

Jangan lupakan juga barang-barang lain seperti ember besi, kaleng susu, toples, dan botol-botol bekas. Barang-barang tidak terpakai ini justru akan memberikan aksen bagi taman Anda. Jadi, jangan ragu, tanam Sukulen di "taman mini" baru Anda. Mudah, relatif murah, dan membuat Anda dapat berkreasi sesuka hati Anda!

(Sumber: http://www.houzz.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com