Kompas.com - 04/10/2012, 09:41 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - PT Sari Husada, perusahaan penyedia produk pelengkap gizi untuk ibu dan anak mendapat anugerah sebagai pelopor penerapan prinsip dan kriteria perusahaan layak anak. Penghargaan diserahkan oleh Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) dan disaksikan oleh Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar.

"Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus berkiprah dalam upaya mendorong perlindungan hak anak, serta peningkatan derajat  kesehatan dan status gizi anak  melalui kegiatan sosial, kebijakan internal, serta prinsip  bisnis yang kami jalankan," ujar Presiden Direktur PT Sari Husada Boris Bourdin di Jakarta, Rabu (3/10/2012).

Penghargaan ini diberikan setelah melalui penilaian dan evaluasi dari  tim yang terdiri dari anggota Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak (APSAI) serta pejabat dari Kemeneg PP dan Perlindungan anak.

"Ada lima perusahaan yang bersedia secara sukarela untuk dievaluasi bagaimana  upaya perusahaan menerapkan 10 Prinsip perusahaan layak anak yaitu prinsip prinsip bisnis yang mengintegrasikan hak-hak anak dalam pelaksanaan kebijakan, program kerja dan produknya," kata Luhur Budiyarso, Ketua APSAI.

Kelima  perusahaan yang mendapat. Anugerah Pelopor penerapan prinsip dan kriteria Perusahaan Layak Anak ini, telah ditinjau oleh tim independen melalui kunjungan lapangan untuk melihat fasilitas komersial serta lokasi kegiatan sosial perusahaan. Tim melihat bagaimana perusahaan menerapkan perlindungan terhadap hak hak anak dalam kegiatan usaha, sosial serta kebijakan internal.

Head of Corporate Affairs Sarihusada Arif Mujahidin menambahkan bahwa Sari Husada senantiasa mengedepankan kebijakan yang mendukung perlindungan hak anak diantaranya melalui pemberian cuti melahirkan selama 4 bulan, penyediaan ruang menyusui, memberi hak karyawan wanita untuk menyusui anaknya di beberapa lokasi kantor serta penyediaan kurir untuk antar ASI bagi karyawan di Jakarta.

"Kami juga melakukan banyak kegiatan sosial termasuk pembangunan ruang menyusui di Terminal Bis Tirtonadi, Pasar Kliwon Temanggung, PAUD Taman Pintar Yogyakarta dan membangun pojok bermain anak di  beberapa Puskesmas di Solo dan Temanggung," tambahnnya.

Selain itu, perusahaan  ini juga menggandeng beberapa LSM seperti Dompet Dhuafa, PKPU, One Earth Foundation serta beberapa lembaga pendidikan dalam melakukan kegiatan sosial sepertiprogram  Ayo melek Gizi, Srikandi Award, Warung Anak Sehat dan lain lain.

"Beberapa kegiatan sosial kami telah mendapatkan penghargaan Indonesian CSR Award dari Kemensos (2011) serta GKPM Award dari Kemenko Kesra (2012)," tandas Arif.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.