Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Nonton Lomba Jukung di Danau Batur

Kompas.com - 16/10/2012, 18:02 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Festival Danau Batur kembali akan digelar di kawasan Danau Batur, Bangli, Bali. Festival tersebut akan berlangsung pada 19-21 Oktober 2012. Tahun ini, festival memiliki makna spesial karena baru-baru ini Danau Batur ditetapkan sebagai bagian dari Global Geopark Network atau jaringan taman bumi global oleh UNESCO.

“Tahun ini di festival ada workshop tentang geologi dan mitilogi. Ada pembicara dari tim Geopark Danau Batur. Tahun lalu workshop belum ada tema ini. Ini untuk sosialisasi mengenai geopark,” ungkap Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Bangli, Bagus Rai Darmayudha, saat jumpa pers mengenai Festival Danau Batur 2012, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, kepada Kompas.com, Selasa (16/10/2012).

Ia menuturkan workshop tersebut akan dihadiri oleh tokoh masyarakat, masyarakat Danau Batur, maupun pelaku pariwisata agar lebih mengenal untuk geopark. Festival Danau Batur 2012 menjadi kali kedua festival tersebut dilangsungkan.

“Yang menarik ada lomba di Danau Batur yaitu lomba perahu tradisional. Pemandangan Danau Batur juga indah sekali, lebih tepat disebut romantik. Jadi banyak menarik orang untuk datang ke Danau Batur,” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar.

Pada tahun ini, festival akan dimeriahkan dengan lomba jukung atau perahu tradisional khas Bali dan kegiatan tracking kawasan Danau Batur. Selain itu juga akan ada kegiatan bersepeda atau fun bike. “Di sekitar danau ini cocok untuk wisata sepeda, jadi nanti ada kegiatan cycling,” kata Bagus.

Selain itu, lanjut Bagus, acara lainnya adalah pameran hasil produk dari bambu, fruit carving atau ukiran buah-buahan yang dihasilkan masyarakat sekitar Kintamani. Ada pula lomba penjor atau hiasan bambu dan janur kuning, gebogan, dan baleganjur.

“Ada kuliner juga, khasnya adalah ikan nila atau ikan mujair yang rasanya khas. Serta anjing kintamani yang merupakan anjing khas daerah ini,” kata Bagus.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangli, Wayan Gobang, anjing kintamani tengah diusulkan sebagai trah dunia. Anjing ini memiliki ciri khusus yang tidak dimiliki anjing lain seperti bentuk fisiknya antara lain telinga yang menghadap ke depan dan sifatnya yang penurut.

“Anjing kintamani hanya ada di sebuah banjar di Kintamani yaitu Bandar Paket. Hidupnya di gua dan tidak bisa dipaksa untuk beranak,” kata Gobang.

Acara menarik lainnya adalah tarian kolosal yang menghadirkan 130 penari. Tarian yang akan dibawakan adalah tari “Ketangin Danau” yang bermakna kesuburan danau. Menurut Gobang, biro perjalanan wisata di Bali sudah mulai menjual paket-paket untuk wisatawan yang ingin datang ke Festival Danau Batur.

Kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara di tahun 2012 yang sedang berjalan mencapai 400.000. Sementara target kunjungan wisatawan di tahun 2012 adalah 700.000 wisatawan. Sehingga Pemkab Bangli masih mengejar 300.000 wisatawan di sisa akhir tahun 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com