Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusat Akan Bantu Melanjutkan Proyek Monorel

Kompas.com - 19/10/2012, 14:31 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Proyek monorel di Provinsi DKI Jakarta akan dilanjutkan. Proyek ini sempat terhenti tahun 2007 karena masalah pendanaan. Ketika itu, pelaksana proyek sudah membangun tiang pancang. Sebagian tiang itu kini kondisinya semakin buruk.

Kepastian kelanjutan proyek ini disampaikan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama setelah bertemu pimpinan sejumlah badan usaha milik negara, Jumat (19/10/2012).

Tahap awal proyek ini akan dikembangkan di tiga jalur dengan dana pemerintah pusat. Sementara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menanamkan saham pada konsorsium yang dipimpin Adhikarya.

"Pertemuan tadi membicarakan tentang komitmen meneruskan proyek monorel. Desainnya akan diubah ke pusat-pusat ekonomi. Diharapkan di Jakarta tiga tahun ke depan monorel dapat beroperasi di tiga jalur," tutur Basuki.

Pembangunan proyek monorel dilakukan dengan pola kerja sama dalam bentuk konsorsium. Konsorsium itu dipimpin Adhikarya yang terdiri dari BUMN lain, seperti PT Telkom, PT Lembaga Elektronika Nasional, dan PT Industri Kereta Api. Ada beberapa perusahaan BUMD, kata Basuki yang juga ikut dalam konsorsium tersebut.

"Pemerintah DKI Jakarta tidak mampu membangun sendiri monorel, perlu bantuan pusat. Ke depan kita akan membangun smart city," tutur Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com